Tol laut merupakan penyediaan sistem distribusi logistik menggunakan kapal besar yang menghubungkan pelabuhan di jalur utama atau rute utama. Rute utama tol laut adalah Aceh, Jakarta, Surabaya, Nusa Tenggara, Maluku, sampai Papua. Sedangkan distribusi ke kepulauan lain menggunakan kapal-kapal lebih kecil dibanding dengan armada di jalur utama. Apabila kapal yang melintas di jalur utama tersebut rutin berlayar, maka harga kebutuhan di Papua tidak akan selisih lebih banyak dibanding di Jawa.
Jika dikaitkan dengan ancaman di bidang politik, isi berita di atas mampu menjadi strategi dalam mengatasi ancaman ….

a. kudeta
b. separatisme
c. pengerahan massa
d. spionase
e. sabotase

Jawabannya adalah E.

Indonesia merupakan negara yang majemuk yang terdiri dari pulau-pulau yang tersebar di sepanjang khatulistiwa. Pemerataan dalam bidang ekonomi merupakan tantangan terbesar pemerintahan, mengingat letak geografis bangsa Indonesia yang dipisahkan oleh laut-laut besar dari pulau ke pulau. Hal tersebut membuat pemerintah membangun Tol Laut seperti yang ditulis dalam berita di atas.

Pemerataan dalam bidang ekonomi dipengaruhi oleh beberapa faktor dan salah satu diantaranya adalah distribusi antar pulau. Hal tersebut menyebabkan terhambatnya pembangunan di bidang ekonomi untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau. Jika hal ini tidak segera diatasi akan menimbulkan kecemburuan satu pulau dengan pulau lainnya yang mudah dijangkau dan membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa. Sehingga salah satu strategi mengatasi ancaman di bidang politik adalah dengan pendekatan di dalam yaitu dengan membangun sistem politik yang dinamis dan menghargai kemajemukan yang ada di bangsa ini. Salah satunya adalah dengan pembangunan tol laut.

Sabotase adalah tindakan perusakan yang dilakukan secara terencana, disengaja dan tersembunyi terhadap peralatan, personel dan aktivitas dari bidang sasaran yang ingin dihancurkan yang berada di tengah-tengah masyarakat, kehancuran harus menimbulkan efek psikologis yang besar.

Jadi, isi berita di atas mampu menjadi strategi dalam mengatasi ancaman sabotase