cara melihat pass wifi di hp

1. Memanfaatkan Fitur Pengaturan WiFi di HP

Untuk melihat password WiFi di HP, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan fitur pengaturan WiFi yang ada di HP Anda. Fitur ini umumnya bisa ditemukan pada menu pengaturan atau setelan di HP.

Jika Anda menggunakan sistem operasi Android, Anda dapat membuka menu pengaturan, lalu temukan opsi “WiFi” atau “Koneksi nirkabel dan jaringan”. Setelah itu, pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya. Biasanya, Anda akan melihat opsi “Tampilkan password” yang dapat Anda klik untuk melihat password WiFi.

Bagi pengguna iPhone atau iOS, Anda bisa membuka menu setelan, lalu pilih opsi “WiFi”. Kemudian, pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya. Biasanya, Anda perlu mengisi password iTunes atau teknologi keamanan lainnya untuk dapat melihat password WiFi.

Dengan memanfaatkan fitur pengaturan ini, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang terhubung di HP Anda tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya berlaku jika Anda sudah pernah terhubung ke jaringan WiFi tersebut sebelumnya. Jika Anda belum pernah terhubung sebelumnya, Anda perlu mencari cara lain untuk melihat password WiFi di hp Anda.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin melihat password WiFi di HP tanpa harus terhubung sebelumnya, Anda dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda unduh melalui toko aplikasi, seperti Google Play Store atau App Store.

Salah satu aplikasi yang populer untuk melihat password WiFi adalah “WiFi Password Recovery”. Aplikasi ini dikembangkan khusus untuk membantu pengguna melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat mereka.

Setelah Anda mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di HP Anda, buka aplikasi dan pilih opsi “Lihat password WiFi”. Kemudian, aplikasi akan menyajikan daftar jaringan WiFi yang pernah terhubung di HP Anda beserta passwordnya.

Perlu diingat, penggunaan aplikasi pihak ketiga memiliki potensi risiko keamanan. Pastikan Anda hanya mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan selalu membaca ulasan pengguna sebelum menginstal aplikasi tersebut.

Jika Anda merasa tidak nyaman atau ragu menggunakan aplikasi pihak ketiga, ada alternatif lain yang bisa Anda coba, yaitu dengan menggunakan perangkat komputer atau laptop untuk melihat password WiFi di HP.

3. Menggunakan Perangkat Komputer atau Laptop

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk melihat password WiFi di HP adalah dengan memanfaatkan perangkat komputer atau laptop yang terhubung ke jaringan WiFi tersebut.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka menu pengaturan jaringan atau koneksi di perangkat komputer atau laptop Anda. Temukan opsi “Manajemen jaringan” atau “Network and Sharing Center”.

Pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya. Klik kanan pada jaringan tersebut, lalu pilih opsi “Properties” atau “Properties of Network”.

Pada jendela yang muncul, pilih tab “Security” atau “Keamanan” dan centang kotak yang bertuliskan “Tampilkan karakter” atau “Show characters”. Setelah itu, password WiFi akan ditampilkan secara jelas di bawah opsi tersebut.

Dengan menggunakan perangkat komputer atau laptop, Anda dapat melihat password WiFi dengan mudah dan cepat tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga di HP Anda.

4. Menggunakan Perintah CMD di Windows

Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows, Anda juga dapat menggunakan perintah Command Prompt (CMD) untuk melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Anda.

Pertama, buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard, lalu ketik “cmd” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.

Ketik perintah “netsh wlan show profile” (tanpa tanda kutip) di Command Prompt, lalu tekan Enter. Perintah ini akan menampilkan daftar semua jaringan WiFi yang pernah terhubung di perangkat Anda.

Pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya, lalu ketik perintah “netsh wlan show profile name=[nama jaringan WiFi] key=clear” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Gantilah [nama jaringan WiFi] dengan nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.

Nantinya, di bawah “Key Content”, Anda akan melihat password WiFi yang Anda cari.

5. Menggunakan Perintah Terminal di macOS atau Linux

Bagi pengguna sistem operasi macOS atau Linux, Anda dapat menggunakan perintah Terminal untuk melihat password WiFi yang tersimpan.

Buka Terminal dengan cara mencarinya di menu pencarian atau melalui aplikasi “Utilities” di folder “Applications”.

Ketik perintah “security find-generic-password -ga [nama jaringan WiFi] | grep “password:”” (tanpa tanda kutip) di Terminal dan tekan Enter. Gantilah [nama jaringan WiFi] dengan nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi pengguna (user password) atau kode akses (admin password) dari perangkat Anda. Setelah itu, Terminal akan menampilkan password WiFi yang tersimpan.

6. Menghubungi Provider atau Administrator Jaringan WiFi

Jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil atau tidak memungkinkan, Anda dapat menghubungi provider atau administrator jaringan WiFi untuk meminta bantuan dalam melihat password WiFi.

Saat melakukan pengaturan awal jaringan WiFi di rumah atau tempat kerja, biasanya provider atau administrator jaringan WiFi akan memberikan password kepada Anda. Jika Anda lupa atau tidak tahu passwordnya, Anda bisa menghubungi mereka untuk meminta bantuan.

Anda perlu memberikan informasi yang dibutuhkan, seperti nama pengguna, alamat rumah atau kantor, atau nomor pelanggan, agar mereka dapat memverifikasi identitas Anda dan membantu Anda mendapatkan password WiFi.

Penting untuk diingat bahwa menghubungi provider atau administrator jaringan WiFi bukanlah cara yang dapat Anda lakukan setiap saat. Pastikan Anda menghubungi mereka dengan alasan yang valid dan sesuai dengan kebijakan atau peraturan yang berlaku.

7. Menyimpan Password WiFi dengan Benar

Setelah Anda berhasil melihat password WiFi di hp Anda, penting untuk menyimpannya dengan benar agar tidak lupa di masa depan. Berikut adalah beberapa tips untuk menyimpan password WiFi dengan baik:

a. Gunakan aplikasi manajer password: Anda dapat menggunakan aplikasi manajer password untuk menyimpan dan mengelola password WiFi. Aplikasi ini akan membuat password Anda tetap aman dan mudah diakses ketika Anda membutuhkannya.

b. Tulis di catatan terpisah: Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi manajer password, Anda dapat menulis password WiFi di catatan terpisah. Pastikan Anda menyimpannya di tempat yang aman dan tidak mudah diakses oleh orang lain.

c. Berbagi secara aman: Jika Anda perlu berbagi password WiFi dengan orang lain, pastikan Anda melakukannya secara aman dan hanya kepada orang yang memang membutuhkannya. Hindari membagikan password WiFi melalui pesan teks atau media sosial yang tidak aman.

d. Mengubah password secara berkala: Untuk menjaga keamanan jaringan WiFi Anda, disarankan untuk mengubah password secara berkala. Hal ini akan membantu mencegah orang yang tidak berwenang mengakses jaringan WiFi Anda.

Pastikan Anda mengikuti semua tips di atas untuk menghindari risiko keamanan yang dapat terjadi jika password WiFi Anda jatuh ke tangan yang salah.

8. Keamanan dan Etika dalam Melihat Password WiFi

Saat melihat password WiFi di hp Anda, pastikan Anda menghormati privasi orang lain dan tetap menjaga keamanan jaringan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat terkait keamanan dan etika dalam melihat password WiFi:

a. Hanya melihat password WiFi di hp yang Anda miliki: Pastikan Anda hanya melihat password WiFi di hp Anda sendiri atau jika Anda memiliki izin dari pemilik hp tersebut.

b. Jangan mengakses jaringan WiFi yang bukan milik Anda tanpa izin: Mengakses jaringan WiFi yang bukan milik Anda tanpa izin adalah tindakan yang melanggar hukum dan etika.

c. Hindari menggunakan password WiFi orang lain tanpa izin: Meskipun Anda mengetahui password WiFi orang lain, tetaplah menghormati privasi mereka dan tidak menggunakan jaringan WiFi mereka tanpa izin.

d. Jaga keamanan jaringan WiFi Anda sendiri: Gunakan password yang kuat dan tidak mudah ditebak agar tidak ada orang yang dapat dengan mudah mengakses jaringan WiFi Anda tanpa izin.

Dengan menjaga etika dan keamanan dalam melihat password WiFi di hp, Anda dapat menggunakan koneksi WiFi dengan bijak dan bertanggung jawab.

9. Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara untuk melihat password WiFi di hp Anda. Anda dapat memanfaatkan fitur pengaturan WiFi, menggunakan aplikasi pihak ketiga, mengakses perangkat komputer atau laptop, menggunakan perintah CMD di Windows, atau perintah Terminal di macOS atau Linux.

Pastikan Anda selalu menjaga keamanan dan etika dalam melihat password WiFi, serta menyimpan password dengan benar. Jika Anda memiliki kesulitan atau pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi provider atau administrator jaringan WiFi untuk meminta bantuan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam melihat password WiFi di hp Anda. Nikmati koneksi WiFi dengan bijak dan tetap jaga keamanan jaringan Anda!