cara screenshot laptop

1. Pengenalan tentang Screenshot

Seiring dengan perkembangan teknologi, screenshot menjadi hal yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari. Screenshot adalah istilah yang digunakan untuk mengambil gambar layar pada perangkat elektronik, termasuk laptop. Dengan melakukan screenshot, Anda dapat dengan mudah menyimpan dan berbagi informasi yang ada di layar laptop Anda. Berikut ini adalah beberapa cara praktis untuk melakukan screenshot pada laptop Anda.

1.1 Screenshot dengan Tombol Print Screen (PrtSc)

Tombol Print Screen (biasanya disingkat PrtSc) adalah metode paling umum untuk mengambil screenshot dalam laptop. Caranya sangat mudah, yaitu cukup tekan tombol PrtSc pada keyboard laptop Anda. Setelah itu, Anda dapat melakukan paste (Ctrl + V) gambar screenshot tersebut ke program seperti Paint atau Word untuk mengedit atau menyimpannya secara permanen. Metode ini akan mengambil screenshot keseluruhan tampilan layar laptop.

Namun, jika Anda hanya ingin mengambil screenshot dari jendela aktif, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Alt + PrtSc. Dengan cara ini, hanya jendela aktif yang akan diambil screenshot-nya.

Anda juga dapat menggunakan tombol PrtSc dengan tambahan tombol Fn pada beberapa laptop. Jika tombol PrtSc tidak berfungsi, cobalah tekan tombol Fn + PrtSc dan lihat apakah berhasil mengambil screenshot.

1.2 Screenshot dengan Snipping Tool

Snipping Tool adalah program bawaan yang ada di sistem operasi Windows. Program ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan cara yang lebih canggih. Untuk menggunakan Snipping Tool, caranya cukup mudah. Pertama, buka program Snipping Tool melalui menu Start atau dengan menggunakan fitur pencarian. Setelah program terbuka, klik tombol “New” dan pilih bagian dari layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya. Setelah seleksi selesai, gambar screenshot akan muncul dalam program Snipping Tool dan Anda dapat menyimpannya atau mengeditnya sesuai kebutuhan Anda.

Snipping Tool juga menawarkan berbagai opsi tambahan seperti memotong, memberi tanda, atau menggambar langsung pada screenshot yang diambil. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan screenshot sesuai dengan kebutuhan Anda sebelum menyimpannya.

1.3 Screenshot dengan Tombol Kombinasi

Selain tombol Print Screen dan Snipping Tool, sebagian laptop juga menyediakan tombol kombinasi khusus untuk mengambil screenshot. Tombol kombinasi ini dapat berbeda-beda tergantung pada merek dan model laptop yang Anda gunakan. Beberapa tombol kombinasi umum yang digunakan adalah:

– Tombol Windows + Print Screen: Mengambil screenshot dan langsung menyimpannya dalam folder “Gambar” di dokumen Anda.

– Tombol Fn + Windows + Space: Mengambil screenshot tampilan layar dan menyimpannya dalam clipboard.

Cara-cara ini dapat mempermudah Anda dalam mengambil screenshot tanpa harus menggunakan program eksternal atau melakukan copy-paste manual.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan metode bawaan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot di laptop Anda. Aplikasi ini umumnya menyediakan lebih banyak fitur dan fleksibilitas dibandingkan dengan metode bawaan. Berikut adalah beberapa aplikasi screenshot populer yang dapat Anda coba:

2.1 Lightshot

Lightshot adalah aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot dengan cepat dan mudah. Aplikasi ini tersedia untuk Windows dan macOS. Setelah menginstal Lightshot, Anda hanya perlu menekan tombol Print Screen pada keyboard laptop Anda untuk membuka jendela seleksi. Pilih area yang ingin Anda screenshot-kan dan Anda dapat langsung menyimpannya atau mengeditnya sebelum menyimpannya. Lightshot juga memungkinkan Anda untuk mengunggah screenshot secara langsung atau melakukan pencarian visual untuk mencari gambar yang serupa.

2.2 Snagit

Snagit adalah salah satu aplikasi screenshot profesional yang banyak digunakan oleh pengguna laptop. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur seperti tangkapan gambar layar penuh, tangkapan gambar jendela aktif, pengeditan gambar yang canggih, dan masih banyak lagi. Snagit juga dapat merekam layar laptop Anda dalam bentuk video. Meskipun Snagit tidak gratis, tetapi kelebihan dan fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi ini bisa menjadi investasi yang baik untuk kebutuhan screenshot Anda.

2.3 Greenshot

Greenshot adalah aplikasi screenshot sederhana dan gratis yang digunakan oleh banyak pengguna laptop. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan. Setelah menginstal Greenshot, Anda dapat menyesuaikan tombol pintas untuk mengambil screenshot dengan cepat. Anda dapat memilih untuk mengambil screenshot layar penuh, jendela aktif, atau area yang ditentukan. Greenshot juga menyediakan fitur pengeditan yang sederhana seperti anotasi, memotong, atau menambahkan teks pada screenshot yang diambil.

3. Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk melakukan screenshot pada laptop Anda. Mulai dari metode bawaan seperti menggunakan tombol Print Screen dan Snipping Tool hingga aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot, Snagit, dan Greenshot. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, maka pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan menguasai cara-cara ini, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot laptop Anda dan menggunakan gambar tersebut untuk keperluan pribadi atau profesional. Selamat mencoba!