cara membuat kacang telur

Kacang telur adalah salah satu makanan ringan yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya menjadi camilan favorit banyak orang. Jika Anda ingin mencoba membuat kacang telur sendiri di rumah, berikut ini adalah cara membuatnya:

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan kacang telur, ada beberapa bahan yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

– 250 gram kacang tanah

– 1 butir telur

– 150 gram tepung terigu

– 50 gram tepung beras

– 1 sendok teh garam

– 1 sendok teh lada bubuk

– Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kacang Telur

Setelah semua bahan terpenuhi, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kacang telur:

1. Membuat Adonan Kacang

Pertama-tama, haluskan kacang tanah menggunakan blender atau penggiling bumbu. Pastikan kacang tergiling dengan halus, namun tidak menjadi pasta yang terlalu cair.

Setelah kacang halus, pisahkan antara bagian kacang yang berbutir dan yang halus. Kacang yang berbutir akan menjadi lapisan luar kacang telur, sedangkan kacang yang halus akan menjadi adonan kacang di dalamnya.

Dalam sebuah wadah, campurkan kacang yang halus dengan tepung terigu, tepung beras, garam, dan lada bubuk. Aduk merata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

Selanjutnya, masukkan telur ke dalam adonan kacang. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur rata dan adonan menjadi sedikit lengket.

Setelah adonan selesai, ambil sejumput adonan kacang dan giling menjadi bola kecil menggunakan tangan. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil, cukup ukuran yang pas untuk camilan.

2. Melapisi Bola Kacang dengan Kacang Berbutir

Selanjutnya, ambil bola kacang yang sudah dibentuk tadi dan gulingkan di atas kacang berbutir. Pastikan bola kacang terlapisi dengan kacang berbutir secara merata.

Jika perlu, tekan-tekan sedikit bola kacang agar kacang berbutir lebih melekat dengan baik. Lakukan langkah ini hingga semua adonan kacang habis dan terlapisi oleh kacang berbutir.

3. Menggoreng Bola Kacang

Setelah semua bola kacang selesai dilapisi, panaskan minyak goreng dalam wajan. Pastikan minyak dalam keadaan cukup banyak untuk menggoreng seluruh bola kacang.

Setelah minyak panas, masukkan bola kacang ke dalam wajan dan goreng hingga berwarna keemasan. Pastikan Anda menggoreng dalam api kecil agar bola kacang matang merata dan tidak gosong di bagian luar.

Angkat bola kacang dari minyak goreng dan tiriskan menggunakan saringan atau tisu dapur. Biarkan kacang telur dingin sejenak sebelum disajikan.

4. Menyajikan Kacang Telur

Saat kacang telur sudah dingin, Anda bisa menyajikannya dalam wadah atau toples yang kedap udara. Kacang telur akan tetap renyah dan segar jika disimpan dengan benar.

Kacang telur bisa disantap sebagai camilan saat bersantai di rumah atau dapat juga menjadi teman minum teh atau kopi. Nikmati kelezatan kacang telur yang Anda buat sendiri!

Kesimpulan

Membuat kacang telur sendiri di rumah sebenarnya tidak sulit. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang jelas, Anda bisa menikmati camilan ini kapan saja. Selain lebih hygienis, membuat kacang telur sendiri juga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan rasa sesuai dengan selera. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep di atas dan nikmati hasilnya!