indonesia sebagai negara kesatuan pada dasarnya dapat mengandung …… akibat keberagaman ( suku, agama , ras )

Keberagaman tersebut merupakan faktor yang berpengaruh terhadap potensi timbulnya disintegrasi.

Indonesia sebagai negara kesatuan pada dasarnya menyimpan potensi kerawanan akibat keanekaragaman suku bangsa, bahasa, agama, ras dan etnis golongan. Petensi tersebut adalah masalah disintegrasi bangsa. Keberagaman tersebut merupakan faktor yang berpengaruh terhadap potensi timbulnya disintegrasi.

Potensi konflik dan disintegrasi berakar pula pada kecenderungan elite politik di hampir semua tingkat untuk memanipulasi aspirasi dan kepentingan masyarakat. Lebih jelas lagi, potensi disintegrasi itu muncul ketika elite politik, terutama elite birokrasi negara (sipil maupun militer), memanipulasi kepentingan pribadi, keluarga, dan kelompok sebagai “kepentingan nasional” serta menyalahgunakan otoritas negara untuk melindungi dan mempertahankan vested interest semacam itu. Fenomena manipulasi itulah tampaknya yang lebih relevan dalam melihat berbagai kasus empirik yang berkaitan dengan soal integrasi dalam periode Orde Baru dan pasca Orde Baru dewasa ini. Karena itu pula, disintegrasi bisa menjadi ancaman serius bagi bangsa Indonesia jika para elite politik terus menerus melakukan manipulasi atas aspirasi, isu, dan realitas kultural masyarakat, terutama di tingkat lokal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Potensi konflik dan disintegrasi berakar pula pada kecenderungan elite politik di hampir semua tingkat untuk memanipulasi aspirasi dan kepentingan masyarakat.