Indonesia bukan negara ateis. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan dari ….

a. rakyat Indonesia bebas beragama atau tidak beragama
b. sila pertama Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa
c. pemerintah memisahkan antara urusan agama dengan pemerintahan
d. DPR membuat undang-undang berdasarkan ajaran agama tertentu
e. negara melarang unsur-unsur agama masuk dalam dunia politik

Jawabannya adalah B. Sila pertama Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, atheis adalah orang yang tidak percaya akan adanya Tuhan. Secara umum, atheisme adalah pandangan yang tidak mempercayai adanya Tuhan, atau menolak keberadaan Tuhan. Negara atheis itu sendiri merupakan suatu negara yang dimana pemerintahnya memberikan dukungan resmi terhadap atheisme. Contoh negara-negara dengan ajumlah atheis terbanyak yaitu Cina, Swedia, dan Republik Ceko.

Hal tersebut tentu berbeda dengan Indonesia yang merupakan negara demokrasi berlandaskan ideologi pancasila, yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan adat istiadat yang hidup di tengah masyarakat. Seperti yang tertera dalam Pancasila sila pertama yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Ketuhanan yang maha esa pada dasarnya memuat pengakuan akan adanya Tuhan sebagai Sang Pencipta. Nilai ketuhanan dalam Pancasila menunjukkan bahwa negara, bangsa, dan manusia Indonesia berelasi dengan Tuhan yang diyakini sebagai sumber segala kebaikan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang mengakui adanya Tuhan sebagaimana yang dibuktikan dalam sila pertama Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah sila pertama Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa.