mengapa kita harus memperkukuh persatuan dan kesatuan bagi nkri?

Jawaban: kita harus memperkokoh persatuan dan kesatuan bagi NKRI karena terhindar dari konflik dan dapat hidup berdampingan.

Cermati penjelasan berikut ya!
Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia? Jawabannya tentu agar bangsa Indonesia terhindar dari konflik dan dapat hidup berdampingan.

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah suatu bentuk negara yang luas dan memiliki beragam adat, suku, keyakinan, serta budaya yang memiliki tujuan dasar menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Persatuan dalam bangsa perlu terus dibina. Jika hal tersebut terus dibina akan melahirkan kesatuan bangsa, yakni suatu kondisi yang utuh yang memperlihatkan keamanan, kesentosaan, dan kejayaan.

Nilai-nilai persatuan dan kesatuan merupakan jiwa lahirnya NKRI karena hal tersebut terkait dengan keragaman bangsa Indonesia. Nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bangsa Indonesia secara jelas dapat dipahami dari dasar negara Pancasila dan konstitusi negara, UUD NKRI Tahun 1945.

Berikut adalah manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bernegara:

  1. Dapat menjaga keutuhan dan keamanan.
  2. Memperkuat jati diri bangsa.
  3. Kemajuan bangsa dapat dirasakan dalam segala bidang.
  4. Terciptanya suasana tenteram dan nyaman.

Dengan demikian, kita harus memperkokoh persatuan dan kesatuan bagi NKRI karena terhindar dari konflik dan dapat hidup berdampingan