Integrasi nasional pada hakikatnya adalah sebagai proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupannya, yaitu aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Berdasarkan hal tersebut integrasi nasional mengandung makna

Jawaban yang benar adalah proses mempersatukan keberagaman bangsa Indonesia.

Yuk simak pembahasan berikut.
Integrasi nasional secara umum adalah proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupannya, yaitu aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Berdasarkan hal tersebut integrasi nasional mengandung makna proses mempersatukan keberagaman bangsa Indonesia. Integrasi nasional sangat diperlukan oleh bangsa Indonesia karena dari integrasi nasional dapat mempersatukan perbedaan-perbedaan yang ada di Indonesia, sehingga tidak ada konflik perpecahan yang terjadi dikarenakan perbedaan semata.

Jadi, integrasi nasional pada hakikatnya adalah sebagai proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupannya, yaitu aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Berdasarkan hal tersebut integrasi nasional mengandung makna proses mempersatukan keberagaman bangsa Indonesia.