Berikut jenis-jenis imunisasi! Analisis Peranannya dalam sistem imun No Jenis Imunisasi Peranannya 1 BCG 2 Campak 3 Polio 4 Hepatitis B

Berikut jenis-jenis imunisasi! Analisis Peranannya dalam sistem imun
No Jenis Imunisasi Peranannya
1 BCG
2 Campak
3 Polio
4 Hepatitis B

  1. BCG: memicu sistem kekebalan primer terhadap bakteri 𝘔𝘺𝘤𝘰𝘣𝘢𝘤𝘵𝘦𝘳𝘪𝘶𝘮 𝘵𝘶𝘣𝘦𝘳𝘤𝘶𝘭𝘰𝘴𝘪𝘴 penyebab penyakit TBC.
  2. Campak: memicu sistem kekebalan primer terhadap virus campak.
  3. Polio: memicu sistem kekebalan primer terhadap virus polio.
  4. Hepatitis B: memicu sistem kekebalan primer terhadap virus hepatits B.

Vaksin adalah zat yang berisi antigen dari virus atau bakteri tertentu yang sudah dilemahkan. Pemberian vaksin atau vaksinasi, atau dikenal juga dengan imunisasi bertujuan untuk memicu kerja sistem imun. Virus atau bakteri yang dilemahkan, atau bahkan hanya segmen mRNA virus yang terkandung di dalam vaksin, akan dikenali oleh sistem imun sebagai antigen. Apabila vaksinasi dilakukan kepada seseorang yang belum pernah terserang virus/bakteri di dalam vaksin, maka sntigen virus atau bakteri tertentu ini akan memicu sistem kekebalan primer.

Sistem kekebalan yang berperan dari mulai sistem kekebalan bawaan hingga sistem kekebalan spesifik. Ketika sistem kekebalan spesifik sudah terbentuk, sel B dan T memori akan mengingat antigen di dalam vaksin tersebut. Selain itu, kemungkinan antibodi untuk antigen tersebut juga telah terbentuk. Perlu dipahami bahwa vaksin tidak menyebabkan penyakit sebagaimana virus atau bakteri yang dibawanya, hal ini dikarenakan virus atau bakteri tersebut sudah dilemahkan.

Ketika virus atau bakteri yang sebenarnya memasuki dan menginfeksi tubuh seseorang yang telah divaksinasi, maka sistem imun mengingatnya, dan antibodi juga telah tersedia. Maka tidak butuh waktu lama bagi sistem imun untuk dapat mengalahkan virus atau bakteri tersebut. Sistem kekebalan ketika sudah pernah terinfeksi virus yang sama ini disebut dengan sistem kekebalan sekunder.

Sejak awal penemuannya, vaksin kini telah banyak mengalami perkembangan dan telah tersedia untuk berbagai bakteri dan virus. Di Indonesia, vaksin yang telah diproduksi secara massal dan diwajibkan diberikan kepada bayi antara lain vaksin BCG, campak, polio, dan hepatitis B. Vaksin BCG berisi bakteri penyebab penyakit TBC yaitu 𝘔𝘺𝘤𝘰𝘣𝘢𝘤𝘵𝘦𝘳𝘪𝘶𝘮 𝘵𝘶𝘣𝘦𝘳𝘤𝘶𝘭𝘰𝘴𝘪𝘴, vaksin campak biasanya dikombinasikan dengan rubella berisikan virus penyebab campak dan rubella. Vaksin polio berisi virus polio yang sudah dilemahkan, dan vaksin Hepatitis B berisi virus hepatitis. Berikut ini disertakan tabel mengenai peranan masing-masing vaksin.

Dengan demikian, vaksin BCG berperan memicu sistem kekebalan primer terhadap bakteri 𝘔𝘺𝘤𝘰𝘣𝘢𝘤𝘵𝘦𝘳𝘪𝘶𝘮 𝘵𝘶𝘣𝘦𝘳𝘤𝘶𝘭𝘰𝘴𝘪𝘴 penyebab penyakit TBC, vaksin campak berperan memicu sistem kekebalan primer terhadap virus campak, vaksin polio berperan memicu sistem kekebalan primer terhadap virus polio, dan vaksin hepatitis B berperan memicu sistem kekebalan primer terhadap virus hepatits B.