Bacalah wacana berikut!Bu Tika memberi tugas kepada peserta didik untuk mengerjakan soal-soal pada halaman 55. Rio berencana ke rumah Dandi untuk mengerjakan tugas bersama karena buku miliknya telah hilang. Akan tetapi, Dandi memiliki acara bersama keluarga sehingga Rio tidak bisa berkunjung. Padahal hanya rumah Dandi yang berjarak dekat dengan rumah Rio. Akhirnya, Rio meminjam buku Dandi dan memfotokopi buku tersebut.

Jika dikaitkan dengan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban, informasi pada wacana mengandung unsur pelanggaran hak karena.

a. Dandi dan keluarga mengadakan acara bersamaan dengan kerja kelompok
b. Bu Tika memberi tugas tanpa melihat kondisi peserta didik
c. Dandi membatalkan kerja kelompok
d. Rio menghilangkan buku pelajaran
e. Rio memfotokopi buku Dandi

Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah e. Rio memfotokopi buku Dandi.

Cermati pembahasan berikut ini!

Pelanggaran hak bisa diartikan sebagai tindakan yang melanggar kebebasan hak orang lain. Setiap siswa memiliki hak untuk belajar dan memperoleh pendidikan. Pada narasi di atas disebutkan bahwa Rio meminjam buku Dandi untuk difotokopi. Hal ini menunjukkan bahwa Rio telah mengambil hak belajar milik Dandi, yaitu dengan mengambil bukunya. Tindakan Rio ini membuat Dandi tidak dapat belajar dan mengerjakan tugasnya karena bukunya dipinjam.

Selain itu, memfotokopi buku merupakan pelanggaran hak cipta terhadap penulis buku tersebut. Tindakan Rio dapat dilaporkan sehingga Rio dapat memperoleh sanksi sesuai dengan pelanggaran yang ia perbuat.

Dengan demikian, jawaban untuk pertanyaan di atas adalah e. Rio memfotokopi buku Dandi.