contoh bela negara di lingkungan sekolah

Jawaban dari pertanyaan kamu adalah menghormati guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, mengikuti upacara bendera setiap hari Senin, menaati semua peraturan yang sudah ditetapkan sekolah, bersikap sopan dan santun, serta saling tolong menolong kepada teman maupun kepada guru.

Bela negara adalah tekad, sikap, dan perilaku warga negara yang dilakukan secara teratur, menyeluruh, dan terpadu yang dijiwai oleh kecintaan NKRI berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila. Setiap warga negara mempunyai kewajiban yang sama dalam hal bela negara. Hal tersebut sebagai wujud kecintaan terhadap Tanah Air. Dalam praktiknya, bela negara bisa secara fisik dan nonfisik.

Wujud bela negara non-fisik dapat diartikan sebagai upaya berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan bangsa tersebut. Contoh wujud bela negara non-fisik adalah bela negara di lingkungan sekolah.

Bela negara negara di lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Menghormati guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.
  2. Mengikuti upacara bendera setiap hari Senin.
  3. Menaati semua peraturan yang sudah ditetapkan sekolah.
  4. Bersikap sopan dan santun, serta saling tolong menolong kepada teman maupun kepada guru.

Dari penjelasan kakak tersebut, maka contoh bela negara di lingkungan sekolah adalah menghormati guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, mengikuti upacara bendera setiap hari Senin, menaati semua peraturan yang sudah ditetapkan sekolah, bersikap sopan dan santun, serta saling tolong menolong kepada teman maupun kepada guru.