Cara Menggunakan Tang Ampere

Tang ampere di gunakan untuk memeriksa komponen kelistrikan unit AC atau kulkas, kita harus menggunakan penjepit ampere dengan volt dan ohmmeter. Setiap kali kita ingin memeriksa lemari es dari kerusakan, 9 dari 10 pemeriksaan adalah kegagalan komponen kelistrikan yang harus diperiksa dengan penjepit ampere. Dibandingkan dengan harga alat lain, klem ampere saat ini tidak terlalu mahal.

Penjepit ampere dengan volt dan ohmmeter untuk mengukur arus bolak-balik (AC) memiliki skala sebagai berikut:

Cara Menggunakan Tang Ampere untuk Mengukur Ampere

Sesuaikan skala amperemeter agar arus terukur tidak melebihi skala maksimum amperemeter. Saat motor dihidupkan, arus listrik meningkat menjadi 5 atau 6 kali arus listrik waktu aktif (FLA). Buka rahang amp, masukkan hanya satu kabel, dan tutup kembali rahang amp.

Jika jarum hanya bergerak sedikit atau menunjuk ke angka yang sulit dibaca, putar dial dengan skala yang lebih kecil sampai jarum ampere menunjuk ke tengah skala. Di lokasi seperti itu, nilai yang dinyatakan dalam ampere tang paling tepat. Menggunakan penguji penjepit digital sangat mudah. Angka-angka akan segera terlihat di penampil.

Fungsi dan kegunaan tang ampere

Tang ampere banyak digunakan untuk mengukur koneksi kabel di sirkuit listrik. Ukur hambatan motor dan temukan terminal C, S dan R motor.

Kabel yang diuji dapat diisolasi atau tidak diisolasi. Hanya mengukur satu kabel, jangan mengukur dua kabel secara bersamaan. Klem ampere bekerja berdasarkan medan magnet dari kawat yang dimasukkan ke dalam mulutnya.

Jika Anda memasukkan dua kabel ke dalam rahang amp bersama-sama, medan magnet dari dua kabel membatalkan satu sama lain, sehingga tidak mungkin untuk membaca amp.

Cara Menggunakan Tank Ampere Untuk Mengukur Tegangan (Volt)

Masukkan dua kabel merah dan hitam ke dalam penjepit amp. Atur skala tegangan ke skala yang lebih tinggi dari tegangan yang ingin Anda ukur. Katakanlah Anda ingin mengukur 220 volt dan timbangan berputar pada 300 volt.

Fungsi dan kegunaan klem ampere

Kemudian sambungkan ujung kabel merah dan hitam ke dua kabel yang tidak diisolasi dari rangkaian yang diuji, atau colokkan ke dua soket untuk mengukur tegangan dari sumber arus. Pointer akan menunjukkan tegangan dari dua kabel yang diukur.

Cara Menggunakan Tang Ampere untuk Mengukur Resistansi (Ohm)

Jangan lupa bahwa sambungan listrik harus dilepas sebelum mengukur hambatan. Masukkan kabel dengan baterai ke dalam penjepit ampere. Jika ujung lain dengan kabel merah terhubung, jarum pada skala harus menunjuk ke 0 ohm (tidak ada hambatan). Jika penunjuk tidak menunjukkan 0 ohm, penunjuk penunjuk harus diputar hingga penunjuk berada pada posisi 0. Kemudian Anda dapat menggunakan ohmmeter.