cara sholat taubat

Cara sholat taubat adalah salah satu amalan yang dianjurkan bagi umat Muslim dalam rangka memohon ampunan dan pengampunan dosa-dosa yang telah dilakukan. Sholat taubat merupakan salah satu bentuk introspeksi diri dan komitmen untuk memperbaiki diri. Dalam sholat taubat, umat Muslim menyadari kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan, mengakui dosa-dosa tersebut, dan bertekad untuk tidak mengulanginya.

Langkah-Langkah dalam Melakukan Sholat Taubat

Untuk melakukan sholat taubat, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

1. Niat

Sebelum memulai sholat taubat, tentukan niat dalam hati untuk melaksanakannya. Niat tersebut harus murni karena Allah SWT semata, tanpa ada niat terselindung seperti ingin dipuji orang atau lainnya. Niat yang murni dan ikhlas merupakan kunci utama dalam menjalankan ibadah.

Setelah menentukan niat, niatkan untuk melakukan sholat taubat dengan maksud memohon ampunan Allah SWT dan bertekad untuk tidak mengulangi dosa-dosa yang telah dilakukan.

2. Wudhu

Sebelum sholat taubat, lakukanlah wudhu atau bersuci secara menyeluruh. Wudhu bertujuan untuk membersihkan diri baik secara fisik maupun spiritual sebelum beribadah.

Ikuti langkah-langkah tata cara wudhu yang benar, yaitu:

– Basuh kedua telapak tangan sebanyak tiga kali

– Bersihkan mulut dan hidung dengan berkumur dan menghirup air secukupnya

– Basuh wajah sebanyak tiga kali, mulai dari bagian atas hingga dagu

– Basuh kedua tangan hingga siku sebanyak tiga kali

– Usap kedua tangan dari atas hingga ujung jari

– Usap kepala dengan menyapukan telapak tangan kanan pada bagian belakang kepala hingga leher

– Basuh kedua kaki hingga mata kaki sebanyak tiga kali, dimulai dari kaki kanan

– Pastikan tidak ada bagian yang terlewat atau kurang dibersihkan selama proses wudhu

3. Membaca Istighfar

Setelah melakukan wudhu, duduklah dalam keadaan tenang dan mulailah membaca istighfar atau meminta ampunan. Istighfar dapat dilakukan dengan membaca doa istighfar secara khusyuk dan tulus. Berikut adalah contoh doa istighfar yang dapat dibaca:

“Astaghfirullahal ‘adzim alladzi laa ilaha illa Huwal Hayyul Qayyum wa atubu ilaih.”

Jumlah pengulangan doa istighfar dapat disesuaikan dengan kemampuan dan keinginan masing-masing individu. Sebisa mungkin, lakukan dengan konsentrasi dan pikiran yang jernih.

4. Bertakbir

Setelah membaca istighfar, beralihlah ke tahap selanjutnya yaitu bertakbir. Bertakbir dilakukan dengan mengucapkan “Allahu Akbar” untuk memulai sholat.

Tidak ada batasan ketentuan dalam jumlah takbir yang harus diucapkan sebelum memulai sholat taubat. Namun, sebaiknya mengikuti tata cara takbir dalam sholat pada umumnya, yaitu melakukan takbir sebanyak tujuh kali.

5. Membaca Surat Pendek

Setelah melakukan takbir, lakukanlah membaca surat-surat pendek pada rakaat pertama dan kedua. Bacaan surat tersebut dapat diambil dari Al-Qur’an, seperti Surat Al-Fatihah atau surat-surat pendek lainnya seperti Surat Al-Ikhlas, Surat An-Nas, atau Surat Al-Falaq.

Setelah selesai membaca surat pendek, lanjutkan dengan rukuk dan sujud seperti dalam sholat biasa. Namun, saat melakukan rukuk dan sujud, perbanyaklah istighfar dan doa memohon ampunan kepada Allah SWT sebagai tanda taubat yang sungguh-sungguh.

6. Membaca Istighfar Kembali

Pada tahap ini, setelah melaksanakan rukuk dan sujud, duduklah dalam posisi duduk tawarruk dan kembali membaca istighfar serta doa penutup. Bacaan istighfar dapat diikuti dengan membaca doa penutup seperti doa “Rabbighfirli wa tub ‘alayya innaka antat Tawwabur Rahim” yang artinya “Ya Allah, ampuni dosaku dan terimalah taubatku. Sungguh, Engkaulah Maha Penerima taubat, Maha Penyayang”.

7. Salam

Setelah selesai membaca istighfar dan doa penutup, tutuplah sholat dengan memberikan salam. Salam dapat diberikan dengan mengucapkan salam sebanyak dua kali sesuai dengan tata cara sholat pada umumnya.

Salam yang umum diucapkan adalah “Assalamu’alaikum wa rahmatullah” atau salam keberhasilan seperti “Taqobbalallahu minna wa minkum” yang artinya “Semoga Allah menerima amalan kami dan dari kalian”.

8. Bertawadhu

Setelah melakukan sholat taubat, jangan lupa untuk melakukan tawadhu atau berwudhu kembali. Tawadhu dilakukan untuk membersihkan wudhu pada saat selesai sholat taubat.

Ikuti langkah-langkah tawadhu yang sama dengan tata cara wudhu pada umumnya. Pastikan setiap anggota tubuh dibasuh dan diberi air yang cukup. Selain itu, perbanyaklah mengucapkan doa dan istighfar dalam waktu senggang setelah melaksanakan sholat taubat tersebut.

9. Kesungguhan dan Konsistensi

Langkah terakhir dalam melakukan sholat taubat adalah memiliki kesungguhan dan konsistensi dalam melaksanakan ibadah tersebut. Sholat taubat yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan keikhlasan, serta diiringi dengan niat yang baik, dapat memberikan manfaat yang besar bagi pelakunya.

Oleh karena itu, jadikanlah sholat taubat sebagai amalan rutin yang dijalankan secara konsisten. Berusahalah untuk memperbaiki diri dan menghindari perbuatan dosa agar kita senantiasa mendapatkan ampunan dan rahmat Allah SWT.