cara membuat makalah

Pendahuluan

Cara membuat makalah adalah salah satu keterampilan yang penting bagi setiap pelajar dan mahasiswa. Makalah merupakan bentuk tulisan yang sistematis dan terperinci mengenai suatu topik tertentu. Dalam pembuatan makalah, terdapat beberapa langkah yang perlu diikuti agar makalah dapat disusun dengan baik dan memiliki nilai akademik yang tinggi. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara membuat makalah yang baik.

Pemilihan Topik

Langkah pertama dalam membuat makalah adalah pemilihan topik yang sesuai. Pilihlah topik yang menarik dan relevan dengan bidang studi atau mata pelajaran yang sedang ditekuni. Pastikan topik yang dipilih memiliki sumber informasi yang mencukupi agar memudahkan dalam penyusunan makalah yang komprehensif.

Setelah memilih topik, lakukan riset dan kumpulkan data serta informasi yang relevan. Gunakan sumber-sumber yang terpercaya seperti buku, jurnal ilmiah, atau artikel dari sumber online yang terverifikasi. Jangan lupa mencatat semua sumber referensi yang digunakan untuk mempermudah proses penulisan daftar pustaka.

Setelah mengumpulkan informasi, buatlah rencana penulisan makalah dengan mengatur struktur yang jelas. Buatlah garis besar atau outline yang akan menjadi pedoman dalam penulisan makalah.

Langkah selanjutnya adalah menyusun gagasan dan informasi yang telah dikumpulkan menjadi sebuah kerangka makalah yang terstruktur. Rangkailah paragraf-peragraf yang memiliki alur yang logis dan terkait dengan topik yang dibahas.

Setelah menyusun kerangka makalah, lakukan penulisan yang lebih terperinci untuk setiap paragraf yang telah dibuat. Pastikan penulisan menggunakan gaya bahasa formal dan menggunakan referensi yang relevan untuk mendukung pernyataan yang disampaikan.

Penulisan Bagian Awal

Bagian awal makalah harus mampu menarik perhatian pembaca dan menjelaskan tujuan serta pentingnya topik yang dibahas. Bagian ini biasanya terdiri dari judul, abstrak, kata pengantar, latar belakang, dan rumusan masalah.

Judul merupakan representasi singkat dari isi makalah dan sebaiknya memuat kata kunci yang relevan. Abstrak berfungsi sebagai ringkasan singkat dari keseluruhan makalah dan harus mampu memberikan gambaran tentang tujuan penulisan dan temuan yang diperoleh.

Kata pengantar berisi pengenalan tentang topik yang akan dibahas dalam makalah. Latar belakang menjelaskan latar belakang penulisan makalah dan pentingnya topik yang dipilih. Rumusan masalah berisi pernyataan masalah yang akan dibahas serta tujuan penulisan makalah.

Pada bagian awal ini, sebaiknya penulis juga melakukan kajian literatur terkait dengan topik yang akan dibahas. Sampaikan informasi-informasi yang mendukung keberadaan topik yang diangkat serta apa yang telah diteliti oleh para peneliti terdahulu.

Bagian akhir dari bagian awal adalah tujuan dan manfaat penulisan makalah. Jelaskan secara jelas bagaimana makalah ini akan memberikan manfaat atau kontribusi dalam bidang studi atau masalah yang dibahas.

Penulisan Bagian Inti

Setelah penulisan bagian awal selesai, langkah berikutnya adalah menulis bagian inti makalah. Bagian ini berisi pembahasan yang lebih mendalam tentang topik yang dipilih.

Gunakan paragraf yang terstruktur untuk menjelaskan setiap subtopik yang telah ditentukan dalam garis besar makalah. Jelaskan subtopik satu per satu dengan menggunakan data dan informasi yang relevan serta dukungan dari sumber referensi yang valid.

Pastikan setiap paragraf memiliki awalan kalimat yang jelas dan menghubungkan satu dengan yang lainnya. Gunakan referensi dan kutipan langsung jika diperlukan untuk mendukung pernyataan yang disampaikan.

Dalam penulisan bagian inti, hindari pengulangan informasi yang tidak perlu. Jelaskan setiap subtopik secara lengkap namun tetap ringkas. Hindari penggunaan frase atau kalimat yang ambigu atau tidak jelas.

Sebelum mengakhiri bagian inti, buatlah paragraf penutup yang merangkum keseluruhan pembahasan yang telah disampaikan. Berikan kesimpulan yang jelas dan tegas berdasarkan hasil penelitian atau analisis yang telah dilakukan.

Penulisan Bagian Akhir

Bagian akhir makalah berfungsi sebagai penutup yang memberikan kesimpulan dan saran-saran yang dapat dilakukan untuk pengembangan lebih lanjut tentang topik yang telah dibahas.

Jelaskan kembali kesimpulan yang telah disampaikan pada bagian inti dengan penekanan pada temuan atau hasil yang dihasilkan. Berikan jawaban yang jelas terhadap pertanyaan-pertanyaan penelitian yang diajukan atau pernyataan masalah yang telah dibahas.

Berikan saran atau rekomendasi yang kongkrit sehubungan dengan topik yang telah dibahas. Saran atau rekomendasi ini dapat berupa langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan atau mengembangkan topik yang telah dibahas dalam makalah.

Daftar Pustaka

Setelah menyelesaikan penulisan bagian akhir, langkah terakhir adalah menyusun daftar pustaka. Daftar pustaka merupakan hal yang penting dalam suatu makalah, karena menunjukkan kejujuran dan keberlanjutan penulisan.

Jika ada referensi yang digunakan dalam pembuatan makalah, cantumkan semua referensi tersebut dengan format yang sesuai gaya penulisan yang digunakan. Pastikan untuk menyusun daftar pustaka dengan urutan abjad berdasarkan nama penulis.

Pastikan format penulisan daftar pustaka konsisten dan tepat. Gunakan referensi dalam bentuk yang paling relevan dan terverifikasi.

Kesimpulan

Membuat makalah adalah langkah yang penting dalam kehidupan akademik setiap pelajar dan mahasiswa. Dalam pembuatan makalah, perlu diperhatikan langkah-langkah yang sistematis dan terperinci agar makalah dapat disusun dengan baik dan memiliki nilai akademik yang tinggi.

Dalam artikel ini, telah dijelaskan tentang cara membuat makalah yang baik. Mulai dari pemilihan topik, penulisan bagian awal, bagian inti, bagian akhir, dan penyusunan daftar pustaka. Dengan mengikuti panduan dan tips yang diberikan, diharapkan pembaca dapat membuat makalah yang berkualitas dan berkontribusi dalam bidang studi atau topik yang dipilih.