cara mengecek ongkir tiki

1. Mengunjungi Website Resmi Tiki

Untuk mengecek ongkir Tiki, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi website resmi Tiki. Anda dapat membuka browser di perangkat Anda dan masukkan alamat website Tiki pada kolom pencarian. Setelah halaman utama Tiki terbuka, Anda akan melihat berbagai menu dan informasi terkait layanan pengiriman yang ditawarkan oleh Tiki.

2. Memilih Opsi Pengecekan Ongkir

Setelah memastikan Anda berada di website resmi Tiki, langkah selanjutnya adalah memilih opsi pengecekan ongkir. Biasanya, opsi ini terletak di bagian atas halaman dekat dengan menu utama. Anda dapat mengklik opsi tersebut untuk melanjutkan proses pengecekan ongkir.

3. Memasukkan Detail Pengiriman

Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk memasukkan detail pengiriman. Detail yang perlu Anda cantumkan antara lain alamat pengirim, alamat penerima, berat barang, dan juga jenis barang yang akan dikirimkan. Pastikan Anda mengisi semua kolom yang tersedia dengan detail yang akurat dan lengkap untuk mendapatkan estimasi ongkir yang tepat.

4. Memilih Jenis Layanan Pengiriman

Tiki menyediakan berbagai jenis layanan pengiriman, mulai dari reguler hingga express. Pada tahap ini, Anda perlu memilih jenis layanan pengiriman yang diinginkan. Anda akan diberikan pilihan-pilihan yang tersedia beserta estimasi waktu pengiriman dan biaya yang harus Anda bayar. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

5. Melihat Estimasi Ongkir

Setelah memasukkan semua detail yang diperlukan dan memilih jenis layanan pengiriman, Anda akan melihat hasil estimasi ongkir yang dihasilkan oleh sistem Tiki. Estimasi ini akan mencakup biaya pengiriman yang harus Anda bayar serta perkiraan waktu tiba pengiriman. Pastikan Anda memeriksa dengan teliti agar tidak ada kesalahan dalam estimasi tersebut.

6. Mencatat Detail Ongkir

Untuk pengiriman yang lebih lancar, sebaiknya Anda mencatat detail ongkir yang Anda dapatkan. Hal ini bisa membantu saat Anda akan melakukan transaksi pengiriman barang di cabang Tiki atau saat Anda perlu memberikan informasi ongkir kepada pihak penerima barang. Ingatlah untuk mencatat dengan jelas dan teliti untuk menghindari kesalahan atau kesalahpahaman di kemudian hari.

7. Membandingkan Ongkir dengan Ekspedisi Lain

Tiki bukan satu-satunya perusahaan ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman. Jika Anda ingin memastikan bahwa Anda mendapatkan harga ongkir yang terbaik, Anda dapat melakukan perbandingan dengan ekspedisi lainnya. Ada banyak website yang menyediakan fitur perbandingan ongkir antar ekspedisi yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan pilihan terbaik.

8. Memperhatikan Syarat dan Ketentuan

Sebelum Anda melakukan pengiriman menggunakan Tiki, sangat penting untuk memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Hal ini bisa mencakup batasan berat barang, jenis barang tertentu yang tidak diperbolehkan, serta tindakan yang akan diambil jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman. Dengan memperhatikan syarat dan ketentuan ini, Anda dapat menghindari masalah di kemudian hari.

9. Menentukan Metode Pembayaran

Setelah Anda mendapatkan estimasi ongkir yang sesuai, langkah terakhir adalah menentukan metode pembayaran. Tiki biasanya menyediakan beberapa opsi pembayaran, seperti transfer bank, kartu kredit, atau COD (Cash on Delivery). Pilihlah metode pembayaran yang paling praktis dan sesuai dengan preferensi Anda.