cara membuat bubur kacang hijau

Pengenalan

Bubur kacang hijau adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang memiliki rasa manis dan gurih. Bubur ini sangat populer di berbagai daerah di Indonesia, dan juga sering dijadikan sebagai hidangan penutup atau camilan. Bubur kacang hijau terkenal karena kandungan nutrisi yang tinggi, seperti protein, serat, dan vitamin. Selain itu, teksturnya yang lembut dan warnanya yang menarik membuat bubur kacang hijau selalu menjadi pilihan yang tepat untuk dinikmati saat cuaca sedang dingin atau sebagai hidangan penutup setelah makan. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat bubur kacang hijau di rumah, berikut adalah beberapa langkah dan tips yang dapat Anda ikuti.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat bubur kacang hijau, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan utama. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

1. 250 gram kacang hijau

2. 100 gram gula merah

3. 800 ml air

4. 200 ml santan

5. 1 batang pandan

6. Garam secukupnya

7. Es batu secukupnya

8. Topping sesuai selera, seperti kelapa parut, kacang tanah, atau biji selasih

Langkah-langkah Pembuatan

1. Mencuci dan Merendam Kacang Hijau

Langkah pertama dalam membuat bubur kacang hijau adalah mencuci dan merendam kacang hijau. Cuci kacang hijau dalam wadah bersih dengan air mengalir hingga air cucian bening. Setelah itu, rendam kacang hijau dalam air selama minimal 2 jam atau lebih baik jika direndam semalaman.

Rendam kacang hijau dalam air hangat dan pastikan air cukup menutupi kacang hijau. Rendam kacang hijau dalam wadah yang cukup besar karena kacang hijau akan mengembang selama proses perendaman. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk merendam kacang hijau semalaman, gunakan air hangat agar proses perendaman menjadi lebih cepat.

Rendam kacang hijau dengan menggunakan air hangat akan membantu proses perendaman yang lebih efektif. Air hangat akan membantu melunakkan kulit kacang hijau sehingga lebih mudah untuk dimasak. Selain itu, perendaman juga akan membuat kacang hijau menjadi lebih lezat dan memiliki tekstur yang lebih lembut saat dimasak.

Setelah merendam kacang hijau, tiriskan air rendamannya dan cuci kembali kacang hijau dengan air bersih sebelum mengolahnya lebih lanjut.

2. Memasak Kacang Hijau

Setelah melakukan proses perendaman, langkah selanjutnya adalah memasak kacang hijau. Masukkan kacang hijau ke dalam panci dan tambahkan 800 ml air bersih. Masak kacang hijau dengan api kecil hingga air mendidih.

Setelah air mendidih, tambahkan 1 batang pandan ke dalam panci untuk memberikan aroma yang harum pada bubur kacang hijau. Anda juga dapat menambahkan sedikit garam ke dalam panci untuk menambah rasa pada bubur kacang hijau.

Masak kacang hijau dengan api kecil selama kurang lebih 40-50 menit atau hingga kacang hijau menjadi empuk dan lunak. Jika kacang hijau belum empuk, Anda dapat menambahkan sedikit air panas dan melanjutkan proses pemasakan.

Selama proses memasak, pastikan Anda terus mengaduk kacang hijau agar tidak lengket pada dasar panci dan tidak gosong. Pastikan juga Anda memasak kacang hijau dengan panci yang cukup besar dan dalam agar air tidak tumpah saat kacang hijau sudah mengembang.

Setelah kacang hijau empuk dan lunak, angkat panci dari kompor dan saring kacang hijau menggunakan saringan atau colander untuk memisahkan kacang hijau dengan air rebusannya.

3. Membuat Kuah Santan

Setelah kacang hijau matang, langkah selanjutnya adalah membuat kuah santan sebagai pelengkap bubur kacang hijau. Dalam panci yang berbeda, campurkan santan dan gula merah yang sudah diiris tipis. Masak campuran santan dan gula merah dengan api kecil sambil terus diaduk hingga gula merah larut dan santan mendidih.

Selama proses memasak kuah santan, pastikan Anda terus mengaduk agar santan tidak pecah dan gula merah tidak gosong. Anda juga dapat menambahkan sedikit garam ke dalam kuah santan untuk menyeimbangkan rasa manis dari gula merah.

Setelah santan mendidih dan gula merah larut, matikan api dan saring kuah santan menggunakan saringan atau colander untuk memisahkan ampas gula merah atau ketidakhalusan dalam santan.

4. Menggabungkan Kacang Hijau dan Kuah Santan

Setelah kacang hijau dan kuah santan siap, langkah terakhir adalah menggabungkan keduanya menjadi satu hidangan yang lezat. Tuangkan kuah santan ke dalam panci berisi kacang hijau dan aduk rata hingga tercampur sempurna.

Pastikan Anda mencampurkan kuah santan ke dalam kacang hijau ketika keduanya masih dalam keadaan hangat agar bubur tidak menjadi terlalu kental atau sulit untuk diaduk. Anda juga dapat menyesuaikan jumlah kuah santan yang dituangkan sesuai dengan selera, apakah ingin lebih banyak atau lebih sedikit.

Setelah semua bahan tercampur secara merata, bubur kacang hijau siap disajikan. Anda dapat menambahkan es batu dan topping sesuai selera, seperti kelapa parut, kacang tanah, atau biji selasih.

Kesimpulan

Bubur kacang hijau adalah hidangan tradisional Indonesia yang mudah untuk dibuat di rumah. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang jelas, Anda dapat menikmati bubur kacang hijau yang lezat dan menyehatkan. Selamat mencoba!