cara membuat brownies kukus

Pendahuluan

Cara membuat brownies kukus merupakan salah satu resep kue yang populer dan simpel. Brownies kukus memiliki tekstur lembut dan aroma cokelat yang menggoda. Selain itu, brownies kukus juga mudah disajikan dan dapat dinikmati dalam berbagai kesempatan seperti acara ulang tahun, pesta, atau sekadar melepas penat. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat brownies kukus yang lezat dan beraroma menggiurkan secara lengkap. Selamat mencoba!

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat brownies kukus yang lezat:

1. 200 gram dark chocolate, cincang kasar

2. 150 gram mentega

3. 150 gram gula pasir

4. 3 butir telur

5. 100 gram tepung terigu

6. 1 sendok teh baking powder

7. 1 sendok teh vanili bubuk

8. 1/2 sendok teh garam

9. 100 ml susu cair

Langkah-Langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat brownies kukus yang lezat dan beraroma menggiurkan:

1. Mencairkan Dark Chocolate dan Mentega

Pertama-tama, siapkan panci kecil dan timbangan. Timbang dark chocolate sebanyak 200 gram dan mentega sebanyak 150 gram. Kemudian, cincang dark chocolate secara kasar agar lebih mudah meleleh dalam proses selanjutnya. Setelah itu, masukkan dark chocolate dan mentega ke dalam panci yang telah dipersiapkan. Panaskan panci dengan api kecil dan aduk secara terus-menerus hingga dark chocolate dan mentega meleleh menjadi satu. Pastikan untuk tidak menggoreng dark chocolate dan mentega agar tidak terjadi pembakaran. Setelah tercampur merata, angkat panci dan biarkan adonan dark chocolate dan mentega dingin sejenak.

2. Mengocok Gula Pasir dan Telur

Selanjutnya, siapkan mangkuk besar dan mixer dengan pengaduk kawat. Masukkan gula pasir sebanyak 150 gram dan kocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga terlihat mengental dan berwarna pucat. Setelah itu, tambahkan 3 butir telur satu per satu sambil terus dikocok. Pastikan telur benar-benar tercampur rata dengan gula pasir sebelum menambahkan telur berikutnya.

Note: Penting untuk menggunakan gula pasir yang halus agar lebih mudah larut.

3. Mencampurkan Dark Chocolate dan Telur

Tuang adonan dark chocolate dan mentega yang telah dingin ke dalam mangkuk yang berisi campuran gula pasir dan telur. Aduk perlahan menggunakan spatula hingga tercampur merata. Pastikan adonan dark chocolate dan mentega tercampur rata dengan campuran gula pasir dan telur agar menghasilkan tekstur yang lembut saat brownies kukus matang.

4. Mencampurkan Tepung Terigu, Baking Powder, dan Garam

Selanjutnya, siapkan saringan dan wadah terpisah. Ayak tepung terigu sebanyak 100 gram ke dalam wadah tersebut untuk menghilangkan gumpalan dan membuatnya lebih ringan. Tambahkan baking powder sebanyak 1 sendok teh dan garam sebanyak 1/2 sendok teh ke dalam wadah yang sama. Aduk rata menggunakan spatula hingga tercampur merata.

5. Menggabungkan Adonan Basah dan Tepung

Tuang campuran tepung terigu, baking powder, dan garam ke dalam adonan basah yang telah dibuat sebelumnya. Aduk perlahan menggunakan spatula hingga tercampur merata dan tidak ada tanda-tanda tepung terigu yang masih kering atau gumpalan. Pastikan untuk tidak mengaduk terlalu kuat agar brownies kukus tidak menjadi keras dan berpori.

6. Menambahkan Susu Cair dan Vanili Bubuk

Selanjutnya, tuangkan susu cair sebanyak 100 ml ke dalam adonan brownies kukus. Tambahkan vanili bubuk sebanyak 1 sendok teh untuk memberikan aroma yang khas pada brownies. Aduk perlahan menggunakan spatula hingga tercampur merata. Pastikan tidak ada tanda-tanda adonan yang masih bergerindil atau menggumpal.

7. Mempersiapkan Loyang dan Panaskan Air

Siapkan loyang berukuran sedang dan olesi dengan mentega atau minyak goreng agar brownies tidak lengket saat diangkat. Tempatkan loyang di dalam panci yang lebih besar dan tuangkan air setinggi setengah loyang. Panaskan panci dengan api sedang hingga air mendidih dan siap digunakan sebagai proses pengukusan brownies kukus.

8. Menuangkan Adonan ke Loyang

Tuang adonan brownies kukus ke dalam loyang yang telah dipersiapkan. Ratakan permukaannya dengan menggunakan spatula agar adonan tersebar merata. Pastikan adonan tidak terlalu tebal agar brownies kukus dapat matang dengan sempurna dan merata.

9. Mengukus Brownies Kukus

Letakkan loyang yang berisi adonan brownies kukus di atas panci yang berisi air mendidih. Pastikan panci yang digunakan memiliki tutup dan rapat agar uap air tidak keluar saat proses pengukusan berlangsung. Tutup panci dengan rapat dan biarkan brownies kukus mengukus selama kurang lebih 30-40 menit dengan api sedang. Pastikan untuk tidak membuka tutup panci selama proses pengukusan agar brownies kukus matang secara merata.

Penutup

Setelah melewati proses pengukusan, brownies kukus siap diangkat dan dikeluarkan dari loyang. Biarkan brownies kukus dingin sejenak sebelum dipotong dan disajikan. Brownies kukus dapat disimpan dalam wadah kedap udara agar tetap lezat dan lembut dalam beberapa hari ke depan. Selamat mencoba resep cara membuat brownies kukus yang lezat dan beraroma menggiurkan ini di rumah!