cara menampilkan baterai di hp samsung

Pendahuluan

Cara menampilkan baterai di HP Samsung merupakan hal yang berguna bagi pengguna yang ingin mengetahui persentase daya yang tersisa pada baterai perangkat Samsung mereka. Informasi ini sangat penting karena dapat membantu pengguna dalam mengatur penggunaan dan menghindari perangkat mati mendadak. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan dengan lengkap cara menampilkan baterai di HP Samsung. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Menggunakan Tampilan Status Baterai

Salah satu cara paling sederhana untuk menampilkan baterai di HP Samsung adalah dengan menggunakan tampilan status baterai di layar utama perangkat. Anda dapat menemukan informasi persentase baterai di pojok kanan atas layar. Untuk mengaktifkan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka pengaturan perangkat Samsung Anda.

2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Pengaturan Tampilan”.

3. Ketuk opsi tersebut dan cari “Status Bar”.

4. Di dalam opsi Status Bar, Anda akan menemukan pilihan “Tampilan Baterai”.

5. Aktifkan opsi ini dan saat Anda kembali ke layar utama, Anda akan melihat persentase baterai muncul di pojok kanan atas.

2. Menggunakan Pengaturan Baterai

Samsung juga menyediakan pengaturan baterai yang lebih mendalam yang memungkinkan Anda untuk melihat informasi lebih terperinci tentang penggunaan daya dan perkiraan waktu baterai. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan pengaturan baterai:

1. Buka pengaturan perangkat Samsung Anda.

2. Cari dan ketuk opsi “Baterai”.

3. Di dalam opsi Baterai, Anda akan melihat berbagai informasi tentang penggunaan daya dan perkiraan waktu baterai.

4. Di bagian atas layar, Anda juga akan melihat persentase baterai yang tersisa.

5. Anda dapat menavigasi melalui berbagai tab di pengaturan baterai ini untuk informasi yang lebih rinci tentang aplikasi apa yang menggunakan daya baterai secara signifikan.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih banyak kontrol dan opsi dalam menampilkan baterai di HP Samsung, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda menampilkan baterai dengan berbagai tampilan dan fitur tambahan. Berikut adalah beberapa aplikasi populer yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Battery HD: Aplikasi ini menampilkan baterai dengan visual yang menarik dan menawarkan informasi lebih rinci tentang penggunaan daya. Anda dapat menyesuaikan tampilan baterai sesuai keinginan Anda.

2. AccuBattery: Aplikasi ini tidak hanya menampilkan baterai, tetapi juga memberikan pemantauan penggunaan daya yang mendalam dan analisis baterai. Anda dapat melihat seberapa sering dan lama Anda menggunakan perangkat dalam satu siklus baterai.

3. BatteryBot: Aplikasi ini menampilkan baterai dalam bentuk persentase yang besar dan jelas. Anda juga dapat melihat informasi tentang tingkat pengisian dan pengosongan baterai saat ini, serta estimasi waktu penggunaan baterai.

4. Power Battery: Aplikasi ini menawarkan tampilan baterai yang indah dan beberapa fitur tambahan seperti penghemat baterai dan pendingin CPU.

Anda dapat mendownload aplikasi ini dari Google Play Store dan mengikuti petunjuk yang diberikan untuk mengaktifkan tampilan baterai di layar perangkat Samsung Anda.

4. Menggunakan Widget Baterai

Widget baterai adalah cara lain yang berguna untuk menampilkan informasi baterai di layar utama perangkat Samsung. Anda dapat menambahkan widget baterai ke layar utama sebagai penunjuk baterai yang terlihat dengan jelas. Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan widget baterai:

1. Pilih dan tahan area kosong di layar utama perangkat Samsung Anda.

2. Ketuk opsi “Widget” yang muncul di bagian bawah layar.

3. Gulir melalui daftar widget yang tersedia dan temukan widget baterai yang Anda inginkan.

4. Seret widget baterai ke area kosong di layar utama.

5. Sekarang Anda akan melihat widget baterai yang menampilkan persentase baterai di area yang Anda tentukan.

5. Menggunakan Fitur Always On Display

Jika Anda ingin menampilkan persentase baterai di layar perangkat Samsung Anda sepanjang waktu, Anda dapat menggunakan fitur Always On Display. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat informasi penting seperti waktu dan persentase baterai bahkan ketika layar perangkat Anda dalam kondisi mati. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan Always On Display:

1. Buka pengaturan perangkat Samsung Anda.

2. Cari dan ketuk opsi “Kunci Layar”.

3. Di dalam opsi Kunci Layar, Anda akan menemukan “Always On Display”.

4. Aktifkan opsi ini dan Anda akan melihat persentase baterai muncul di layar perangkat Anda ketika layar dalam kondisi mati.

Pastikan untuk memperhatikan bahwa penggunaan fitur Always On Display dapat mengurangi masa pakai baterai Anda secara keseluruhan, karena layar perlu tetap menyala sepanjang waktu. Pertimbangkan untuk menggunakan fitur ini dengan bijak.

6. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan widget, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menampilkan baterai di HP Samsung. Baterai Guru adalah salah satu aplikasi yang populer untuk tujuan ini. Aplikasi ini menawarkan widget yang dapat disesuaikan, termasuk persentase baterai, ikon baterai, dan banyak lagi. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Baterai Guru:

1. Unduh dan instal aplikasi Baterai Guru dari Google Play Store.

2. Buka aplikasi Baterai Guru.

3. Ikuti petunjuk dalam aplikasi untuk mengaktifkan widget yang ingin Anda tampilkan.

4. Setelah Anda mengaktifkan widget, Anda dapat menyesuaikan tampilan baterai sesuai keinginan Anda.

5. Sekarang Anda akan melihat widget baterai di layar utama perangkat Samsung Anda yang menampilkan persentase baterai.

7. Menampilkan Baterai di Pengaturan Sistem

Anda juga dapat menampilkan informasi baterai di pengaturan sistem pada perangkat Samsung Anda. Di sini, Anda dapat menemukan informasi seperti persentase baterai, status pengisian baterai, dan estimasi waktu baterai yang tersisa. Berikut adalah langkah-langkah untuk menampilkan baterai di pengaturan sistem:

1. Buka pengaturan perangkat Samsung Anda.

2. Cari dan ketuk opsi “Baterai”.

3. Di dalam opsi Baterai, Anda akan menemukan informasi yang lengkap tentang baterai perangkat Anda.

4. Di bagian atas layar, Anda akan melihat persentase baterai yang tersisa.

5. Anda juga dapat melihat informasi tentang perkiraan waktu baterai yang tersisa dan aplikasi apa yang menggunakan daya baterai dengan signifikan.

8. Menggunakan Pengaturan Pusat Kontrol

Pada perangkat Samsung yang menjalankan versi Android terbaru, Anda dapat menampilkan baterai melalui Pengaturan Pusat Kontrol. Pusat Kontrol adalah area yang dapat Anda akses dengan menggeser naik dari bagian bawah layar. Berikut adalah langkah-langkah untuk menampilkan baterai melalui Pusat Kontrol:

1. Geser naik dari bagian bawah layar perangkat Samsung Anda.

2. Di bagian atas layar, Anda akan melihat kontrol baterai.

3. Ketuk kontrol baterai untuk melihat persentase baterai yang tersisa dan opsi penyesuaian tambahan.

4. Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan baterai lebih lanjut melalui opsi yang tersedia di Pengaturan Pusat Kontrol ini.

9. Menggunakan Aplikasi Sistem Samsung

Ada juga aplikasi sistem yang disertakan dalam perangkat Samsung yang memungkinkan Anda untuk melihat informasi baterai secara lengkap. Salah satu contohnya adalah aplikasi Galaxy Sistem UI. Berikut adalah langkah-langkah untuk menampilkan baterai melalui aplikasi sistem Samsung:

1. Buka aplikasi Galaxy Sistem UI.

2. Cari dan ketuk opsi “Baterai”.

3. Di dalam opsi Baterai, Anda akan menemukan berbagai informasi tentang tingkat baterai, penggunaan daya, dan estimasi waktu baterai yang tersisa.

4. Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan baterai lebih lanjut melalui opsi yang tersedia di aplikasi ini.

Kesimpulan

Itu dia beberapa cara menampilkan baterai di HP Samsung. Anda dapat menggunakan tampilan status baterai, pengaturan baterai, aplikasi pihak ketiga, widget baterai, fitur Always On Display, dan pengaturan sistem untuk melihat persentase baterai perangkat Samsung Anda. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, jadi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Dengan menampilkan baterai di HP Samsung, Anda dapat dengan mudah memantau daya yang tersisa dan menghindari perangkat mati mendadak.