cara membuat pisang coklat

1. Persiapan Bahan

Sebelum mulai membuat pisang coklat, pastikan semua bahan yang diperlukan sudah siap. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

– Pisang yang sudah matang, sekitar 4 buah

– Cokelat batangan, sekitar 200 gram

– Topping sesuai selera, misalnya kacang, keju, atau meses

– Tusuk gigi secukupnya

2. Mencuci dan Mengepot Pisang

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci dan megepot pisang. Pisang harus dicuci hingga bersih untuk menghindari kotoran yang menempel pada kulitnya. Kemudian, potong pisang menjadi dua bagian dengan ukuran yang sesuai dengan selera.

Hal ini dilakukan agar pisang lebih mudah ditusuk dan dimasukkan ke dalam cokelat. Letakkan potongan pisang di atas tusuk gigi secara hati-hati agar tidak patah atau melar.

Setelah itu, taruh pisang yang sudah dipotong dan ditempelkan dengan tusuk gigi ke dalam loyang atau wadah yang telah disiapkan.

3. Mencairkan Cokelat Batangan

Selanjutnya, cokelat batangan perlu dicairkan terlebih dahulu agar bisa digunakan untuk melapisi pisang. Caranya cukup mudah, yaitu dengan melelehkan cokelat batangan menggunakan teknik au bain marie.

Au bain marie adalah teknik melelehkan cokelat dengan cara diletakkan di atas panci dengan air yang mendidih. Pastikan panci yang digunakan cukup besar dan cokelat yang digunakan sudah dipotong-potong agar lebih mudah meleleh.

Jika cokelat sudah mulai mencair, aduk hingga merata dan pastikan tidak ada gumpalan yang tersisa. Jangan sampai cokelat terlalu panas dan gosong, karena dapat merusak rasa pisang coklat yang akan Anda buat.

4. Melapisi Pisang dengan Cokelat

Setelah cokelat benar-benar cair, ambil satu buah pisang yang sudah ditusuk dengan tusuk gigi dan celupkan ke dalam cokelat cair. Pastikan seluruh permukaan pisang dilapisi cokelat secara merata.

Lakukan langkah yang sama untuk semua potongan pisang yang sudah disiapkan. Setelah dilapisi dengan cokelat, letakkan pisang coklat di atas wadah atau loyang yang sudah dialasi dengan kertas baking. Proses ini membantu mencegah pisang coklat dari lengket dan memudahkan ketika akan dihidangkan atau disajikan.

Tunggu beberapa saat agar cokelat mengeras dan menempel dengan baik pada pisang. Anda bisa mempercepat proses ini dengan memasukkan pisang coklat ke dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.

5. Hiasan dan Penyajian

Setelah pisang coklat benar-benar mengeras, Anda dapat menambahkan hiasan sesuai dengan selera. Hiasan yang umum digunakan antara lain kacang, meses, atau keju parut.

Sajikan pisang coklat dalam keadaan dingin agar lebih nikmat. Anda bisa menghidangkannya di piring saji atau menyajikannya sebagai penutup setelah makan malam. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lezat akan membuat semua orang ketagihan.

Pisang coklat juga bisa dijadikan sebagai camilan saat berkumpul dengan keluarga atau teman-teman. Selamat mencoba!