cara mencuci tangan yang benar

Cara mencuci tangan yang benar merupakan langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Praktik mencuci tangan yang tepat mampu mencegah penyebaran berbagai penyakit, termasuk virus dan bakteri yang bisa berbahaya bagi kesehatan kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail langkah-langkah mencuci tangan yang benar agar terhindar dari penyakit. Simak penjelasan berikut ini.

1. Nyalakan Air Mengalir dan Basahi Tangan

Pengantar

Langkah pertama dalam cara mencuci tangan yang benar adalah dengan nyalakan air mengalir di kran yang tersedia. Pastikan air yang mengalir bersih dan suhu air dapat ditoleransi oleh kulit tangan. Setelah itu, basahi tangan secara menyeluruh mulai dari punggung tangan sampai ke ujung-ujung jari.

Penjelasan

Basahi tangan dengan memastikan air terdistribusi merata pada seluruh bagian tangan. Dalam proses ini, pastikan bahwa air mengenai daerah di antara jari-jari, kulit sekitar kukunya, serta area telapak dan punggung tangan. Air yang mengalir akan membantu menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan efektif dalam membersihkan kotoran maupun mikroorganisme yang menempel di permukaan kulit tangan.

Cara mencuci tangan yang benar dimulai dengan basahi kedua tangan dengan cara yang rata. Pastikan air mengalir ke seluruh bagian sehingga kotoran dan mikroorganisme yang menempel pada tangan dapat tersingkirkan. Perhatikan bahwa kebersihan dalam mencuci tangan tidak melulu tentang air yang mengalir, tetapi juga durasi dan langkah-langkah yang dilakukan.

Basahi area tangan hingga ke pergelangan kaki. Pastikan semua area tangan menjadi basah sehingga proses mencuci tangan benar-benar efektif dalam menghilangkan kotoran dan mikroorganisme yang menempel.

Ketika akan mencuci tangan, pastikan tengah menggunakan air yang bersih dan hangat. Air yang terlalu panas dapat menyebabkan kulit tangan menjadi kering, iritasi, atau bahkan mengelupas. Selain itu, air yang terlalu dingin tidak akan efektif membantu menghilangkan kotoran yang melekat pada tangan. Sehingga gunakan air hangat yang suhunya sesuai dengan toleransi kulit.

Sembari mengalirkan air pada tangan, pastikan bahwa gerakan tangan yang digunakan adalah dengan cara langsung menyentuh air. Dalam arti lain, telapak tangan, ujung-ujung jari, dan area lainnya perlu menjadi perhatian. Baik kondisi kulit tangan yang kering atau basah dapat menjadi dasar kebersihan tangan yang terjaga.

2. Gunakan Sabun dan Goresan Gerakan di Tangan

Pengantar

Langkah kedua dalam cara mencuci tangan yang benar adalah dengan menggunakan sabun. Sabun memiliki peran penting dalam membersihkan kotoran maupun mikroba yang melekat pada kulit tangan. Selain itu, gerakan dalam mencuci tangan juga turut berperan agar kebersihan tangan lebih terjamin. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Penjelasan

Gunakan sabun secukupnya di telapak tangan. Pilihlah sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Banyak sekali jenis sabun yang tersedia di pasaran, mulai dari sabun padat hingga sabun cair. Dalam pemilihan sabun, ada baiknya memilih yang dirasa aman dan nyaman saat digunakan.

Usapkan kedua telapak tangan satu sama lain dengan menggosok perlahan dan merata. Pastikan sabun yang digunakan terdistribusi dengan baik ke semua area tangan. Gerakan ini akan membantu mencapai semua bagian kulit tangan sehingga kotoran dan mikroorganisme yang melekat dapat terangkat secara maksimal. Usahakan juga untuk menggosok daerah jari-jari dengan sabun agar tidak ada bagian yang terlewat.

Selain menggosok kedua telapak tangan, perhatikan juga untuk menggosok kedua punggung tangan. Area ini seringkali terlupakan saat mencuci tangan, padahal banyak kotoran yang sulit terlihat menempel pada punggung tangan.

Usahakan untuk memberikan gerakan melingkar saat menggosok telapak maupun punggung tangan dengan sabun. Dalam gerakan ini, pastikan tekanan tangan terhadap kulit tangan tidak terlalu kuat sehingga tidak menyebabkan iritasi atau cedera pada kulit.

Jika perlu, gunakan sikat atau spons lembut untuk membersihkan area kulit tangan yang sulit dijangkau. Misalnya, pada bagian bawah kukuh atau bagian antara jari-jari tangan.

Setelah selesai menggosok kedua telapak tangan, punggung tangan, dan area sekitarnya, jangan lupa untuk menggosok jari-jari tangan. Mulai dari pangkal hingga ujung semua jari perlahan-lahan digosok dengan gerakan memutar.

Ingatlah bahwa gerakan mencuci tangan tidak dilakukan dengan sebentar saja. Idealnya, waktu yang diperlukan untuk mencuci tangan yang benar adalah sekitar 20-30 detik. Dalam jangka waktu tersebut, pastikan bahwa semua area tangan terkena sabun dan air secara merata dan tergolong dalam langkah mencuci tangan yang benar.

3. Bersihkan dengan Menggosok Telapak, Punggung, dan Sela-sela Jari

Pengantar

Setelah proses penggunaan sabun, cara mencuci tangan yang benar tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Anda juga perlu membersihkan telapak, punggung, dan sela-sela jari dengan cara yang tepat agar kebersihan tangan lebih terjaga. Simak penjelasan lengkapnya berikut.

Penjelasan

Dalam membersihkan tangan dengan gerakan menggosok, pastikan dengan jelas bahwa kulit tangan yang perlu diperhatikan adalah telapak tangan, punggung tangan, serta area antara jari-jari tangan.

Pada telapak tangan, gunakan gerakan memutar mengikuti arah jarum jam. Pastikan tekanan yang diaplikasikan tidak terlalu keras sehingga tidak merusak kulit tangan. Gerakan ini diyakini mampu mencapai berbagai area kumuh yang sengaja atau tidak disengaja tertinggal di surface tangan. Kotoran dari polusi udara, kontaminasi permukaan, atau sentuhan dengan permukaan yang banyak terdapat bakteri bisa menjadi indikasi perlu dilakukan gerakan melingkar di kulit.

Pada punggung tangan, lakukan gerakan serupa dengan yang dilakukan pada telapak tangan. Akan tetapi, ada baiknya jika Anda juga memberikan perhatian lebih pada area ini. Punggung tangan dapat menjadi sarang kuman, kekuatan, ataupun jamur yang suka tertinggal sehabis Anda melakukan aktivitas sehari-hari.

Gerakan penjepitan dua telunjuk satu pihak terhadap jari tangan lainnya dan berpindah bertahap dari pangkal hingga keujung jari merupakan salah satu gerakan yang bisa Anda lakukan. Pastikan gerakan tersebut diberlakukan dua kali lipat dan di dalam tiap sela-sela jari yang ada. Dalam langkah yang benar ini, Anda juga disarankan untuk melakukan gerakan perbukaan dengan jari tengah saat penjepitan tersebut diberlakukan.

Selain dari itu, jari tangan kiri juga bisa digosok dengan mudah dengan tangan kanan yang dibantu gerakan jari kanan. Seiring dengan itu jari kanan juga dicegah dengan gerakan sesuai dengan panduan dalam mencuci tangan ketika mendandani agar penjagaan kebersihan tangan tetap terjaga dengan baik.

Perhatikan juga bahwa setiap kali mencuci tangan, lengkungan Anda harus menunjukkan aturan dalam penjagaan kecukupan kebersihan tangan. Lengkungan ini meluas dengan penitik jari yang diperoleh dari penjabaran panduan mencuci tangan yang benar.

4. Memastikan Perbuat yang Dimeukaan Benar dan Mencuci Sampai Bersih

Pengantar

Langkah selanjutnya dalam cara mencuci tangan yang benar adalah memastikan gerakan yang dilakukan secara menyeluruh dan mencuci tangan hingga bersih. Mencuci tangan yang benar bukan hanya masalah mencuci saja, tetapi perlu dilakukan dengan tepat hingga tahap akhir agar kebersihan tangan terjamin. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Penjelasan

Saat mencuci tangan, pastikan gerakan yang dilakukan mencakup seluruh area tangan. Artinya, tidak hanya memfokuskan pada telapak tangan dan punggung tangan, tetapi juga memperhatikan sela-sela jari, area pergelangan tangan, dan bagian bawah kuku.

Selain itu, pastikan juga bahwa proses mencuci tangan dilakukan dengan durasi yang cukup lama, yaitu sekitar 20-30 detik. Durasi yang terlalu singkat tidak akan mampu membersihkan tangan secara optimal.

Jika tangan terlihat masih kotor setelah proses mencuci selesai, Anda bisa mengulang proses mencuci tangan dari awal. Jangan sungkan untuk menghabiskan waktu lebih lama dalam mencuci tangan jika memang diperlukan. Kebersihan tangan yang maksimal akan membantu kita terhindar dari aneka penyakit dan menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Setelah proses mencuci tangan selesai, bilaslah tangan dengan air yang mengalir hingga benar-benar bersih. Pastikan tidak ada sisa sabun yang terdapat pada kulit tangan karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Terakhir, gunakanlah handuk khusus yang bersih atau tisu sekali pakai untuk mengeringkan tangan. Pastikan handuk yang digunakan dalam kondisi bersih dan kering agar tidak menimbulkan penularan kuman atau bakteri pada tangan yang telah bersih.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara mencuci tangan yang benar. Dengan menerapkan langkah-langkah ini secara konsisten, diharapkan kita dapat terhindar dari penyakit dan menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Jaga kebersihan tangan Anda, mulailah dari mencuci tangan yang benar!