cara membuat brownies

Pendahuluan

Cara membuat brownies adalah salah satu skill yang perlu dimiliki oleh pecinta kue. Brownies adalah kue yang sangat populer di seluruh dunia karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut. Brownies dapat dijadikan sebagai hidangan penutup, camilan, atau bahkan hadiah untuk orang terkasih. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat brownies yang sempurna dengan langkah-langkah yang jelas dan mudah diikuti. Siapkan bahan dan peralatan Anda, dan mari kita mulai memasak brownies yang lezat ini!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat brownies, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang akan digunakan dalam resep brownies ini:

  • 150 gram cokelat hitam, dipotong-potong
  • 120 gram mentega, unsalted
  • 200 gram gula pasir
  • 3 butir telur, suhu ruang
  • 1 sdt vanili ekstrak
  • 100 gram tepung terigu
  • 40 gram bubuk kakao
  • 1/4 sdt garam
  • 100 gram dark chocolate chips
  • 100 gram chopped nuts (opsional)

Langkah-langkah

1. Lelehkan Cokelat dan Mentega

Langkah pertama dalam membuat brownies adalah melelehkan cokelat hitam dan mentega. Gunakan mangkuk tahan panas dan tim cokelat hitam dan mentega di atas panci berisi air mendidih. Aduk secara terus-menerus hingga cokelat dan mentega meleleh dan tercampur dengan baik. Setelah itu, angkat mangkuk dari atas panci dan biarkan sedikit mendingin.

2. Campurkan Gula dan Telur

Dalam mangkuk terpisah, campurkan gula pasir, telur, dan vanili ekstrak. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga bahan-bahan tercampur rata dan mengental. Tambahkan campuran cokelat dan mentega yang telah dilelehkan ke dalam adonan telur dan kocok kembali dengan mixer hingga tercampur sempurna.

3. Ayak Tepung, Kakao, dan Garam

Dalam mangkuk lain, ayak tepung terigu, bubuk kakao, dan garam. Ayak dengan menggunakan saringan agar terhindar dari adanya gumpalan. Campurkan bahan-bahan kering ini dengan menggunakan spatula atau sendok kayu hingga tercampur merata.

4. Gabungkan Adonan Basah dan Kering

Setelah adonan basah dan kering siap, tuangkan adonan basah ke dalam mangkuk yang berisi adonan kering. Aduk perlahan menggunakan spatula hingga tercampur sempurna. Pastikan tidak ada bagian adonan yang terlewat saat mengaduk.

5. Tambahkan Dark Chocolate Chips dan Chopped Nuts

Langkah selanjutnya adalah menambahkan dark chocolate chips dan chopped nuts ke dalam adonan brownies. Aduk rata hingga semua bahan terdistribusi secara merata dalam adonan. Dark chocolate chips dan chopped nuts akan memberikan kelezatan ekstra dalam setiap gigitan brownies Anda.

6. Tuang Adonan ke dalam Loyang

Siapkan loyang berbentuk persegi atau bulat yang telah dilapisi dengan kertas roti atau dioles mentega. Tuangkan seluruh adonan brownies ke dalam loyang dan ratakan permukaannya menggunakan spatula. Pastikan adonan terdistribusi merata di seluruh permukaan loyang.

7. Panggang dalam Oven

Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius. Setelah oven terbahu, masukkan loyang berisi adonan brownies ke dalam oven. Panggang selama 20-25 menit atau hingga permukaan brownies tampak mengeras dan pinggirannya mulai terkelupas. Jangan terlalu lama memanggang brownies agar tetap lembut di dalamnya.

8. Dinginkan dan Potong-potong

Setelah selesai dipanggang, keluarkan loyang dari dalam oven dan biarkan brownies dingin di dalam loyang selama beberapa menit. Setelah sedikit dingin, angkat brownies dari dalam loyang dan biarkan benar-benar dingin di atas rak kawat. Setelah benar-benar dingin, potong-potong brownies sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.

9. Nikmati Brownies yang Lezat

Brownies siap disajikan! Nikmati brownies yang lezat ini sebagai hidangan penutup, camilan, atau hadiah untuk orang terkasih. Brownies dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan akan tetap segar hingga beberapa hari ke depan. Selamat menikmati!