cara melihat password wifi yg sudah terhubung

1. Menggunakan Command Prompt di Windows

Command Prompt adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk melihat password wifi yang sudah terhubung di Windows. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter.

2. Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik perintah “netsh wlan show profile” dan tekan Enter. Nantinya akan muncul daftar profil wifi yang pernah terhubung di komputer Anda.

3. Pilih profil wifi yang ingin Anda lihat passwordnya dengan mengetik perintah “netsh wlan show profile name=nama_wifi key=clear” dan tekan Enter. Ganti “nama_wifi” dengan nama profil wifi yang ingin Anda lihat passwordnya.

4. Setelah itu, cari bagian “Key Content” pada hasilnya. Di bagian tersebut akan terlihat password wifi yang terhubung.

5. Catat atau simpan password wifi yang Anda lihat untuk digunakan nantinya.

2. Menggunakan Terminal di Mac

Bagi pengguna Mac, dapat menggunakan Terminal untuk melihat password wifi yang sudah terhubung. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Terminal dengan cara masuk ke “Applications” kemudian pilih “Utilities” dan klik “Terminal”.

2. Setelah Terminal terbuka, ketik perintah “security find-generic-password -wa nama_wifi” dan tekan Enter. Ganti “nama_wifi” dengan nama profil wifi yang ingin Anda lihat passwordnya.

3. Anda akan diminta untuk memasukkan password administrator Mac Anda. Ketik password tersebut dan tekan Enter.

4. Jika profil wifi yang Anda masukkan benar, maka akan muncul password wifi pada layar Terminal.

5. Catat atau simpan password wifi yang Anda lihat untuk digunakan selanjutnya.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan Command Prompt atau Terminal, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk melihat password wifi yang sudah terhubung. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan:

1. WiFi Password Revealer: Aplikasi ini dapat menampilkan password wifi yang tersimpan di Windows secara mudah dan cepat.

2. WiFi Key Recovery: Aplikasi ini berfungsi untuk mendapatkan password wifi yang tersimpan di Android. Anda perlu menginstalnya melalui Google Play Store.

3. Router Password Recovery: Aplikasi ini membantu Anda untuk melihat password wifi router yang tersimpan di perangkat iOS Anda.

4. WiFi Password Viewer: Aplikasi ini dapat digunakan untuk melihat password wifi yang pernah terhubung di perangkat iOS Anda.

Pastikan untuk mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya.

4. Menghubungi Provider Internet

Jika sebelumnya Anda pernah menggunakan jasa provider internet untuk mengatur wifi di rumah atau kantor, Anda dapat menghubungi mereka untuk meminta bantuan jika Anda lupa password wifi yang terhubung. Biasanya mereka memiliki informasi mengenai password tersebut.

Anda dapat menghubungi provider internet melalui layanan pelanggan atau melalui situs web resmi mereka. Pastikan Anda memberikan informasi yang valid dan sesuai dengan data Anda untuk memudahkan proses verifikasi identitas Anda.

5. Menggunakan Router Admin Page

Cara lain yang dapat Anda coba adalah dengan mengakses halaman administrasi (admin page) router Anda. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka browser di perangkat yang terhubung ke wifi yang ingin Anda lihat passwordnya.

2. Ketik alamat IP router Anda pada URL browser. Biasanya alamat IP router ini adalah 192.168.1.1 atau 192.168.0.1. Jika tidak tahu alamat IP router, Anda dapat melihatnya di bagian bawah atau belakang router Anda.

3. Setelah halaman admin page terbuka, masukkan username dan password admin router Anda. Jika tidak tahu username dan passwordnya, Anda dapat mencari di petunjuk atau manual pengguna router Anda.

4. Setelah masuk ke halaman admin router, cari menu atau tab yang berkaitan dengan pengaturan wifi.

5. Di menu atau tab tersebut, Anda akan menemukan informasi mengenai nama wifi (SSID) dan password wifi yang terhubung.

Pastikan setelah melihat password wifi, Anda menutup halaman admin router dan tidak mengubah pengaturan lainnya jika tidak diperlukan.

6. Menggunakan Mobile Hotspot pada Windows

Jika ada perangkat lain yang telah terhubung ke wifi dan perangkat tersebut adalah komputer Windows, Anda dapat menggunakan fitur Mobile Hotspot pada Windows untuk melihat password wifi. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka “Settings” pada komputer Windows yang telah terhubung ke wifi yang ingin Anda lihat passwordnya.

2. Pilih “Network & Internet” atau “Wi-Fi”.

3. Pada sisi kiri jendela Settings, pilih “Mobile Hotspot”.

4. Pada bagian “Share my internet connection from”, pilih perangkat wifi yang terhubung.

5. Aktifkan fitur “Share my internet connection with other devices”.

6. Pada bagian “Network name” dan “Network password”, terdapat informasi mengenai nama wifi dan password wifi yang terhubung.

Anda dapat mencatat atau menyimpan password wifi tersebut untuk digunakan pada perangkat lainnya.

7. Meminta Password dari Pengguna Wifi

Jika Anda sedang berada di tempat umum atau di rumah teman, Anda dapat meminta password wifi langsung dari pengguna wifi tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

1. Ajukan permintaan dengan sopan kepada pengguna wifi yang bersangkutan.

2. Jelaskan alasan Anda membutuhkan password wifi tersebut.

3. Mintalah pengguna wifi untuk memberikan password wifi yang mereka gunakan.

Pastikan Anda menjaga sikap sopan dan menghormati privasi pengguna wifi. Pengguna wifi berhak untuk memberikan atau tidak memberikan password wifi kepada Anda.

8. Menggunakan Aplikasi WiFi Analyzer

WiFi Analyzer adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk menganalisis jaringan wifi di sekitar Anda. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menampilkan informasi mengenai password wifi yang terhubung pada perangkat Android. Berikut langkah-langkah penggunaannya:

1. Unduh dan instal aplikasi WiFi Analyzer melalui Google Play Store.

2. Buka aplikasi tersebut dan berikan izin akses yang diminta.

3. Pilih tab “Wifi Passwords” di aplikasi tersebut.

4. Akan muncul daftar network wifi yang pernah terhubung pada perangkat Android Anda beserta informasi mengenai passwordnya.

Anda dapat mencatat atau menyimpan password wifi yang Anda inginkan.

9. Menggunakan Perangkat Penyadap Jaringan

Perangkat penyadap jaringan seperti Wireshark dapat digunakan untuk melihat password wifi yang sedang digunakan oleh perangkat lain di jaringan yang sama. Namun, penggunaan perangkat ini tidak disarankan kecuali jika Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang jaringan dan memiliki izin yang diperlukan. Penggunaan perangkat penyadap jaringan dapat melanggar privasi pengguna lain dan melanggar hukum di beberapa negara.

Pastikan Anda hanya menggunakan cara-cara di atas untuk melihat password wifi yang sudah terhubung dengan izin dan kebutuhan yang jelas. Jaga privasi dan keamanan wifi Anda dengan tidak memberikan password wifi kepada orang yang tidak memiliki izin.