cara menggambar doraemon

Pendahuluan

Cara menggambar Doraemon adalah suatu keterampilan yang menyenangkan dan sering dilakukan oleh pecinta kartun ini. Doraemon adalah karakter kartun yang sangat populer di dunia, terutama di Indonesia. Dengan menggambar Doraemon, Anda dapat mengasah kreativitas dan keahlian dalam menggambar. Jika Anda tertarik untuk menggambar Doraemon, berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menggambar Doraemon.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai menggambar Doraemon, ada beberapa alat dan bahan yang perlu Anda siapkan. Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan:

  1. Kertas gambar
  2. Pensil
  3. Penghapus
  4. Spidol hitam
  5. Spidol warna biru, merah, kuning, hitam, dan putih
  6. Pensil warna biru, merah, kuning, hitam, dan putih

Pastikan Anda telah mempersiapkan semua alat dan bahan ini sebelum memulai menggambar Doraemon agar proses menggambar menjadi lebih mudah dan lancar.

Langkah-langkah Menggambar Doraemon

1. Gambar Bentuk Dasar Doraemon

Langkah pertama dalam menggambar Doraemon adalah menggambar bentuk dasarnya. Mulailah dengan menggambar sebuah lingkaran besar sebagai kepala Doraemon. Kemudian, tambahkan telinga yang bulat di bagian atas kepala. Jangan lupa untuk menggambar garis tengah di tengah kepala sebagai panduan penempatan fitur wajah.

Setelah itu, gambar tubuh Doraemon dengan bentuk yang agak oval di bawah kepala. Bagian bawah tubuh Doraemon harus sedikit lebih lebar daripada bagian atasnya. Terakhir, gambar tangan dan kaki Doraemon dengan bentuk yang sederhana.

Semua gambaran ini hanya sebagai panduan awal, jadi tidak perlu khawatir tentang detailnya saat ini.

2. Lanjutkan Dengan Fitur Wajah

Setelah menggambar bentuk dasar, langkah berikutnya adalah menggambar fitur wajah Doraemon. Mulailah dengan menggambar dua lingkaran kecil sebagai mata. Letakkan mata di sekitar garis tengah yang telah Anda gambar sebelumnya.

Kemudian, tambahkan hidung dengan bentuk oval di bawah mata. Jangan lupa untuk menggambar garis di tengah hidung sebagai langkah panduan. Setelah itu, gambar mulut dengan bentuk bulat kecil di bawah hidung. Tambahkan juga garis horizontal di atas mulut sebagai panduan untuk menggambar kumis.

Terakhir, gambar alis di atas mata dengan bentuk melengkung. Pastikan Anda menggambar ekspresi yang sesuai dengan karakter Doraemon.

3. Gambar Detail Lainnya

Setelah menggambar fitur wajah, langkah selanjutnya adalah menggambar detail lainnya. Pertama, gambar simpul kancing di tengah tubuh Doraemon. Simpul ini memiliki tiga bulatan yang sama besar.

Kemudian, gambar lonceng di sebelah kiri baju Doraemon. Lonceng ini memiliki bentuk seperti lonceng biasa dengan tali yang melingkar di bawahnya.

Setelah itu, gambar kantong ajaib di perut Doraemon. Kantong ini memiliki bentuk segitiga dengan opening di bagian atasnya.

Tambahkan juga tanda segitiga di dekat mulut Doraemon sebagai lubangnya.

Terakhir, gambar ikatan di belakang leher Doraemon sebagai tanda bahwa dia adalah robot.

4. Menggunakan Spidol dan Pensil Warna

Setelah selesai menggambar, Anda dapat mewarnai gambar Doraemon menggunakan spidol dan pensil warna. Gunakan spidol hitam untuk mengisi kontur dan garis-garis utama Doraemon. Kemudian, gunakan spidol dan pensil warna biru untuk mewarnai rambut, mata, dan bagian-bagian berwarna biru lainnya.

Selanjutnya, gunakan spidol dan pensil warna kuning untuk mengisi detail alat-alat Doraemon seperti kantong ajaib, tali lonceng, dan tanda segitiga di mulutnya. Gunakan spidol dan pensil warna merah untuk mewarnai hidung dan mulut Doraemon.

Akhirnya, gunakan spidol dan pensil warna hitam dan putih untuk memberikan sentuhan akhir pada gambar Doraemon Anda agar terlihat lebih hidup dan menarik.

Kesimpulan

Menggambar Doraemon dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menarik. Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah di atas, Anda dapat menggambar Doraemon dengan mudah dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Jangan lupa untuk berlatih secara teratur agar kemampuan menggambar Anda semakin berkembang. Selamat mencoba!