cara melihat total belanjaan di shopee

Pengenalan

Cara melihat total belanjaan di Shopee merupakan hal yang penting bagi pengguna aplikasi ini. Dalam memantau pengeluaran, Shopee memberikan kemudahan dengan menampilkan total belanjaan yang telah dilakukan secara rinci. Melalui proses yang sederhana, pengguna dapat dengan mudah mengetahui total belanjaan yang sudah mereka lakukan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk melihat total belanjaan di Shopee.

Langkah Pertama: Login Akun Shopee

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah login ke akun Shopee. Buka aplikasi Shopee di smartphone kamu dan pastikan kamu sudah login ke akun Shopee yang digunakan untuk melakukan belanja. Jika belum, silakan login dengan memasukkan alamat email atau nomor telepon serta kata sandi yang telah terdaftar.

Setelah berhasil login, kamu akan diarahkan ke halaman utama Shopee.

Langkah Kedua: Buka Profil Pengguna

Setelah berhasil login, langkah kedua adalah membuka profil pengguna di aplikasi Shopee. Di halaman utama, cari dan klik ikon profil pengguna, biasanya terletak di pojok kanan atas layar.

Bila berhasil, kamu akan dibawa ke halaman profil pengguna. Pada halaman ini, kamu akan menemukan berbagai informasi terkait akun dan aktivitas belanjamu.

Langkah Ketiga: Buka Riwayat Belanja

Di halaman profil pengguna, gulir ke bawah sampai kamu menemukan tab “Riwayat”. Tab ini berisi riwayat belanja yang pernah kamu lakukan di Shopee. Silakan klik tab “Riwayat” untuk melanjutkan langkah selanjutnya.

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman riwayat belanja yang berisi daftar belanjaanmu yang sudah pernah dilakukan di Shopee.

Langkah Keempat: Pilih Periode Waktu

Di halaman riwayat belanja, ada beberapa pilihan periode waktu yang bisa kamu pilih. Pilih periode waktu yang ingin kamu lihat total belanjaannya. Misalnya, kamu bisa memilih “Semua” untuk melihat total belanjaan secara keseluruhan, atau memilih periode waktu spesifik seperti “7 hari terakhir” atau “30 hari terakhir”.

Setelah memilih periode waktu, halaman riwayat belanja akan menampilkan daftar belanjaan sesuai dengan periode waktu yang telah kamu pilih.

Langkah Kelima: Cek Total Belanjaan

Di halaman riwayat belanja, kamu dapat melihat total belanjaan yang telah kamu lakukan. Total belanjaan ini akan ditampilkan di bagian atas halaman, tepat di bawah tab “Riwayat”. Total belanjaan ini mencakup semua belanjaan yang dilakukan selama periode waktu yang kamu pilih sebelumnya.

Jika kamu ingin melihat rinciannya, kamu dapat mengklik total belanjaan tersebut. Secara otomatis, halaman akan mengarahkanmu ke rincian belanjaan sesuai dengan periode waktu yang dipilih. Di halaman ini, kamu dapat melihat daftar belanjaan beserta rincian harga masing-masing produk.

Langkah Keenam: Cek Metode Pembayaran

Pada halaman rincian belanjaan, kamu juga dapat melihat metode pembayaran yang digunakan untuk setiap belanjaan. Metode pembayaran ini akan ditampilkan di bawah nama produk dan rincian harga. Dengan mengetahui metode pembayaran, kamu dapat melacak dan memeriksa metode pembayaran yang pernah kamu gunakan.

Hal ini sangat berguna dalam melakukan pelacakan pembayaran dan memeriksa riwayat transaksi yang sudah kamu lakukan.

Langkah Ketujuh: Cek Status Pesanan

Di halaman rincian belanjaan, selain melihat total belanjaan dan metode pembayaran, kamu juga dapat melihat status pesanan untuk setiap belanjaan. Status pesanan ini bisa berupa “Dikirim” jika pesanan sudah dikirimkan oleh penjual, “Diterima” jika pesanan sudah diterima oleh pembeli, atau status lainnya tergantung pada situasi pesanan.

Dengan mengetahui status pesanan, kamu dapat terus memantau dan memeriksa perkembangan pesanan yang sedang kamu tunggu atau sudah kamu terima.

Langkah Kedelapan: Gunakan Filter

Jika ingin mempersempit pencarian atau melihat total belanjaan berdasarkan kategori atau penjual tertentu, kamu juga dapat menggunakan fitur filter. Di halaman riwayat belanja, pilih ikon filter yang terletak di sebelah kanan atas layar.

Setelah itu, kamu dapat memilih kategori atau penjual yang ingin kamu filter. Setelah memilih, halaman riwayat belanja akan menampilkan daftar belanjaan yang sesuai dengan filter yang telah kamu pilih.

Langkah Kesembilan: Download Riwayat Belanja

Terakhir, jika kamu ingin menyimpan riwayat belanja dalam bentuk file, Shopee juga menyediakan fitur untuk mengunduh riwayat belanja. Di halaman riwayat belanja, pilih ikon menu yang terletak di sebelah kanan atas layar, kemudian pilih opsi “Unduh”. Setelah itu, ikuti instruksi yang diberikan untuk mengunduh riwayat belanja dalam format yang diinginkan.

Dengan mengunduh riwayat belanja, kamu dapat menyimpannya sebagai referensi atau melakukan analisis belanjaanmu dengan lebih rinci.

Itulah beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk melihat total belanjaan di Shopee. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah memantau dan melacak total belanjaanmu secara terperinci. Selamat mencoba!