cara melihat wa yg sudah dihapus

WhatsApp (WA) telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Pada platform ini, pengguna dapat mengirim pesan teks, foto, video, dan dokumen dengan mudah dan cepat. Namun, pernahkah Anda mengalami situasi di mana Anda ingin melihat pesan WA yang sudah dihapus oleh pengirim? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan tentang cara melihat WA yang sudah dihapus. Simak selengkapnya untuk mengetahui trik-triknya.

1. Menggunakan Notifikasi Pusat

Banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa ketika seseorang menghapus pesan WA, pesan tersebut masih bisa dilihat melalui notifikasi pusat pada perangkat mereka. Notifikasi ini muncul sebentar saat pesan diterima sebelum hilang secara otomatis. Sebagai langkah awal, pastikan Anda mengaktifkan notifikasi pusat untuk aplikasi WhatsApp di pengaturan perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Pengaturan pada perangkat Anda.

2. Gulir dan temukan opsi “Notifikasi” atau “Pemberitahuan”.

3. Cari “WhatsApp” dalam daftar aplikasi yang muncul dan ketuknya.

4. Aktifkan opsi “Tampilkan notifikasi” atau “Izinkan notifikasi”.

Dengan mengaktifkan notifikasi pusat, Anda akan dapat melihat pesan yang sudah dihapus pada bilah notifikasi perangkat Anda. Namun, perlu dicatat bahwa Anda hanya dapat melihat pesan sebelumnya yang muncul dalam notifikasi. Jika notifikasi sudah hilang, maka pesan tidak dapat dipulihkan melalui metode ini.

2. Melihat WhatsApp Web

Pilihan kedua untuk melihat pesan yang sudah dihapus adalah menggunakan WhatsApp Web, yang memungkinkan Anda mengakses aplikasi WhatsApp melalui browser web di komputer atau laptop. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka browser web (misalnya Google Chrome) di komputer atau laptop Anda.

2. Pergi ke situs web resmi WhatsApp Web melalui alamat URL https://web.whatsapp.com/.

3. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda dan buka menu “WhatsApp Web” melalui opsi pengaturan.

4. Arahkan kamera ponsel Anda ke kode QR yang muncul di layar komputer atau laptop Anda untuk memindai kode tersebut.

5. Setelah berhasil dipindai, aplikasi WhatsApp di ponsel Anda akan terhubung ke WhatsApp Web pada browser web Anda.

Selanjutnya, untuk melihat pesan yang sudah dihapus, cukup buka percakapan di WhatsApp Web di komputer atau laptop Anda. Anda akan melihat pesan yang telah dihapus oleh pengirim tetap muncul dalam percakapan ini. Namun, metode ini juga memiliki keterbatasan, di mana Anda hanya dapat melihat pesan yang dihapus jika browser web tetap terbuka dan terhubung ke WhatsApp Web.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kedua metode sebelumnya tidak berhasil atau tidak praktis untuk Anda, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang telah dirancang khusus untuk melihat pesan WA yang sudah dihapus. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda coba:

1. “WhatsRemoved+”: Aplikasi ini mampu mendeteksi dan memulihkan pesan yang dihapus dari aplikasi obrolan seperti WhatsApp, Telegram, dan lainnya.

2. “Notification History Log”: Aplikasi ini melacak dan menyimpan semua notifikasi ponsel Anda, termasuk notifikasi pesan WhatsApp yang dihapus.

3. “WAMR – Recover Deleted Messages & Status Download”: Aplikasi ini memungkinkan Anda mengembalikan pesan yang sudah dihapus atau status WhatsApp yang hilang.

Pastikan untuk membaca ulasan dan memeriksa reputasi aplikasi yang dipilih sebelum menginstallnya. Juga, perhatikan bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga mungkin melibatkan risiko keamanan dan privasi, jadi gunakan dengan bijak.

4. Mencadangkan Pesan WhatsApp

Langkah selanjutnya yang dapat Anda ambil untuk melihat pesan WA yang sudah dihapus adalah dengan mencadangkan pesan WhatsApp secara teratur. WhatsApp menyediakan fitur pencadangan yang memungkinkan Anda memulihkan pesan yang telah dihapus jika diperlukan. Berikut adalah cara mencadangkan pesan WhatsApp:

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

2. Buka menu “Pengaturan” atau “Setting”.

3. Temukan dan ketuk opsi “Chats” atau “Percakapan”.

4. Pada halaman Percakapan, pilih opsi “Cadangkan percakapan”.

5. Pilih frekuensi pencadangan yang diinginkan, misalnya “Harian”, “Mingguan”, atau “Bulan”.

6. Pilih akun Google atau Apple ID yang akan digunakan untuk menyimpan cadangan akun WhatsApp Anda.

7. Ikuti petunjuk dan tunggu proses pencadangan selesai.

Setelah Anda melakukan pencadangan, Anda dapat memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus dengan menginstal kembali aplikasi WhatsApp dan memulihkan data cadangan saat diminta. Namun, perlu diingat bahwa ini akan mengembalikan semua pesan, termasuk pesan yang belum dihapus, dan menggantikan riwayat percakapan yang ada di ponsel Anda.

5. Menyimpan Pesan WhatsApp

Jika Anda ingin tetap bisa melihat pesan WhatsApp di masa mendatang, baik yang sudah dihapus maupun yang tidak, Anda dapat menyimpan pesan tersebut secara manual. WhatsApp memungkinkan Anda menyimpan pesan dalam berbagai format, termasuk teks, foto, video, dan dokumen. Berikut adalah cara menyimpan pesan WhatsApp:

1. Buka percakapan di aplikasi WhatsApp.

2. Temukan pesan yang ingin Anda simpan.

3. Tap dan tahan pesan tersebut hingga muncul menu atau opsi.

4. Pilih opsi “Simpan” atau “Save” dalam menu yang muncul.

Pesan yang Anda simpan kemudian akan muncul dalam folder galeri atau album yang sesuai di perangkat Anda. Dengan menyimpan pesan WhatsApp, Anda dapat mengaksesnya kapan saja tanpa khawatir pesan tersebut akan dihapus oleh pengirimnya.

6. Membuka Pesan di Aplikasi File Manager

Salah satu trik sederhana untuk melihat pesan WA yang sudah dihapus adalah dengan menggunakan aplikasi file manager di perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi File Manager di perangkat Anda.

2. Cari dan buka penyimpanan internal atau kartu SD di mana data aplikasi Anda disimpan.

3. Temukan dan buka folder “WhatsApp”.

4. Dalam folder “WhatsApp”, temukan dan buka folder “Databases”.

5. Di dalam folder “Databases”, Anda akan melihat file dengan format “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12”.

6. Pilih file yang sesuai dengan tanggal di mana pesan yang dihapus dikirim atau diterima.

7. Ubah ekstensi file tersebut dari “.crypt12” menjadi “.db”.

8. Buka file dengan menggunakan aplikasi pesan instan pihak ketiga, seperti “NotePad” atau “SQLite Database Viewer”.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat melihat pesan WA yang sudah dihapus dalam format teks. Namun, perlu dicatat bahwa ini adalah metode teknis yang memerlukan pemahaman dasar tentang file dan folder di perangkat Anda.

7. Memulihkan dari Cadangan Pihak Ketiga

Jika Anda adalah pengguna yang rajin mencadangkan data perangkat Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Titanium Backup” atau “Helium Backup”, Anda mungkin dapat memulihkan pesan WhatsApp yang sudah dihapus melalui cadangan tersebut. Berikut adalah langkah-langkah umumnya:

1. Buka aplikasi cadangan yang Anda gunakan di perangkat Anda.

2. Telusuri dan temukan cadangan yang berisi data aplikasi WhatsApp Anda.

3. Pilih opsi untuk memulihkan data WhatsApp.

4. Tunggu proses pemulihan selesai dan buka aplikasi WhatsApp.

5. Jika diminta, lakukan pembaruan atau verifikasi nomor telepon Anda.

Setelah proses ini selesai, Anda seharusnya dapat melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus dalam riwayat percakapan Anda. Namun, metode ini hanya berlaku jika Anda sudah melakukan cadangan secara teratur menggunakan aplikasi pihak ketiga sebelum pesan dihapus.

8. Kontak Pengirim Pesan

Jika semua metode di atas tidak berhasil atau tidak memuaskan, Anda masih memiliki satu pilihan terakhir yang layak untuk dicoba, yaitu menghubungi pengirim pesan WA yang telah dihapus dan memintanya untuk mengirim ulang pesannya. Ini mungkin tidak selalu memungkinkan terutama jika pengirimnya tidak ingin atau tidak dapat mengirimkan pesan tersebut kembali, tetapi setidaknya ini adalah cara paling langsung untuk mendapatkan pesan yang hilang.

Anda bisa mengirim pesan ke pengirim dengan menunjukkan bahwa Anda kebetulan telah menghapus pesannya atau ada alasan lain yang perlu Anda lihat kembali. Jika pengirim bersedia, mereka bisa menyalin dan mengirimkan kembali pesan tersebut kepada Anda.

Pemulihan Pesan yang Sudah Dihapus

Melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus memang dapat menjadi tantangan, terutama ketika pengirimnya sengaja menghapusnya atau pesan tersebut terlalu lama. Namun, dengan beberapa trik yang kami bagikan di atas, Anda masih dapat memulihkan dan melihat pesan-pesan yang mungkin ingin Anda lihat kembali. Selamat mencoba!