cara nulis daftar pustaka dari internet

Pengenalan

Cara nulis daftar pustaka dari internet adalah hal yang penting dalam penulisan artikel atau jurnal ilmiah. Daftar pustaka merupakan bagian yang penting dalam sebuah tulisan ilmiah untuk memberikan referensi kepada pembaca mengenai sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan. Dalam era digital seperti sekarang, internet menjadi sumber informasi yang banyak digunakan. Oleh karena itu, penting bagi penulis untuk tahu cara yang tepat dalam menulis daftar pustaka dari internet. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap dan jelas mengenai cara nulis daftar pustaka dari internet dengan gaya penulisan jurnalistik bernada formal.

Mengapa Daftar Pustaka Penting?

Daftar pustaka adalah hal yang penting dalam penulisan artikel atau jurnal ilmiah karena:

  1. Memberikan kepercayaan kepada pembaca tentang keakuratan dan kedalaman riset yang dilakukan.
  2. Memungkinkan pembaca untuk memperoleh informasi lebih lanjut dengan mengacu pada sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan.
  3. Memberikan penghargaan kepada penulis sumber-sumber yang telah digunakan dan menjadi referensi dalam tulisan.

Dengan menulis daftar pustaka dari internet dengan cara yang tepat, pembaca akan mendapatkan informasi yang akurat dan dapat mengembangkan pemahaman mereka dengan lebih baik.

Langkah-langkah Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti dalam menulis daftar pustaka dari internet:

1. Identifikasi Sumber yang Digunakan

Pertama-tama, identifikasi sumber-sumber yang telah digunakan dalam penulisan. Pastikan sumber yang digunakan adalah teks ilmiah atau artikel yang relevan dan terpercaya. Hindari mengandalkan hanya pada blog atau website yang tidak memiliki otoritas ilmiah.

2. Catat Informasi yang Dibutuhkan

Catat informasi yang diperlukan untuk mencantumkan sumber dalam daftar pustaka, seperti nama penulis, judul artikel, judul publikasi, tahun publikasi, dan alamat URL lengkap dari sumber tersebut.

3. Penulisan Nama Penulis

Saat mencantumkan nama penulis dalam daftar pustaka, gunakan format nama belakang diikuti dengan inisial depan. Misalnya, “C. Brown” untuk penulis dengan nama lengkap “Charlie Brown”. Jika ada beberapa penulis, pisahkan dengan tanda koma dan beri tanda “et al.” setelah penulis pertama jika terdapat lebih dari tiga penulis.

4. Penulisan Judul Artikel dan Publikasi

Judul artikel dan publikasi harus ditulis dengan menggunakan gaya penulisan jurnalistik, yaitu dengan memisahkan kata-kata penting dengan huruf kapital dan hanya menggunakan tanda baca yang diperlukan. Jika ada tanda hubung dalam judul, tulis dengan benar sesuai dengan aturan tata bahasa yang berlaku.

5. Penulisan Tahun Publikasi

Tahun publikasi harus dicantumkan setelah judul artikel atau publikasi dengan format “(tahun publikasi)”. Jika tahun publikasi tidak diketahui, gunakan tanda kurung dengan kata “n.d.” yang merupakan singkatan dari “no date”.

6. Penulisan Alamat URL

Alamat URL dari sumber internet harus ditulis lengkap dengan menggunakan gaya penulisan yang benar. Gunakan tanda petik dua (“”) di awal dan di akhir alamat URL untuk membedakan dengan teks biasa.

7. Pengurutan Daftar Pustaka

Daftar pustaka harus diurutkan secara alfabetis berdasarkan nama penulis atau judul publikasi jika penulis tidak diketahui. Gunakan format hanging indent untuk memberikan tampilan yang rapi.

8. Pemformatan Daftar Pustaka

Pemformatan daftar pustaka harus konsisten dan sesuai dengan gaya penulisan yang digunakan pada artikel atau jurnal. Pastikan ukuran teks, jenis huruf, dan tata letak daftar pustaka cocok dengan format tulisan.

9. Periksa Kembali Daftar Pustaka

Sebelum mengakhiri penulisan daftar pustaka, pastikan untuk memeriksa kembali setiap entri untuk memastikan kesalahan penulisan atau informasi yang hilang. Periksa kesesuaian antara entri dalam daftar pustaka dengan kutipan yang muncul dalam teks artikel.

Kesimpulan

Menulis daftar pustaka dari internet dengan cara yang tepat penting untuk memberikan referensi yang akurat kepada pembaca. Dalam artikel ini, telah dijelaskan langkah-langkah yang diperlukan dalam menulis daftar pustaka dari internet dengan gaya penulisan jurnalistik bernada formal. Dengan mengikuti panduan ini, penulis dapat memastikan bahwa daftar pustaka mereka lengkap, akurat, dan sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku. Membuat daftar pustaka yang baik adalah langkah penting dalam penulisan artikel atau jurnal ilmiah yang berkualitas dan berdaya guna.