cara download vidio youtube tanpa aplikasi

1. Menggunakan Website Penyedia Layanan

Salah satu cara paling umum untuk mendownload video YouTube tanpa aplikasi adalah dengan menggunakan website penyedia layanan download video. Ada banyak situs yang menawarkan layanan ini, seperti SaveFrom.net atau KeepVid.

Langkah-langkahnya pun mudah, pertama kamu hanya perlu menyalin link video YouTube yang ingin didownload. Kemudian, buka situs penyedia layanan download video dan tempelkan link tersebut pada kolom yang tersedia.

Setelah itu, pilih format dan kualitas video yang diinginkan, lalu klik tombol download. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai, dan video pun akan tersimpan di perangkatmu.

Website penyedia layanan download video YouTube ini sangat berguna karena tidak memerlukan instalasi aplikasi tambahan. Selain itu, mereka juga biasanya menyediakan pilihan format video yang beragam.

Namun, penting untuk mempercayai dan menggunakan situs yang tepercaya agar terhindar dari risiko seperti virus atau malware yang mungkin ada pada beberapa situs yang tidak terpercaya.

2. Menggunakan Tambahan “ss” pada URL

Metode download video YouTube tanpa aplikasi yang kedua adalah dengan menggunakan tambahan “ss” pada URL video YouTube. Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu menambahkan huruf “ss” pada URL video YouTube, tepat sebelum kata “youtube”.

Setelah menambahkan “ss”, tekan tombol Enter pada keyboard. Kemudian, kamu akan otomatis dialihkan ke situs penyedia layanan download video langgananmu.

Pada situs tersebut, kamu bisa memilih format dan kualitas video yang ingin diunduh. Setelah memilih, klik tombol download dan tunggu hingga proses pengunduhan selesai.

Dengan menggunakan metode ini, kamu bisa mengunduh video YouTube tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua situs penyedia layanan download video akan mendukung metode “ss” ini.

Metode ini juga lebih disarankan untuk pengguna komputer atau laptop dibandingkan perangkat mobile, karena adanya popup yang mungkin muncul saat pengunduhan.

3. Menggunakan Extension atau Add-On Pada Browser

Salah satu cara download video YouTube tanpa aplikasi yang cukup populer adalah dengan menggunakan extension atau add-on pada browser yang kamu gunakan. Setiap browser umumnya memiliki extension yang berbeda untuk melakukan task ini.

Misalnya, jika kamu menggunakan Google Chrome, kamu bisa mencari dan menginstal extension yang ditawarkan oleh situs resmi Google Chrome Web Store. Beberapa extension populer untuk mendownload video YouTube adalah Video DownloadHelper, SaveFrom.net helper, atau YouTube Video Downloader.

Setelah selesai menginstal extension yang kamu pilih, refresh browsermu dan buka video YouTube yang ingin kamu unduh. Kemudian, ikuti petunjuk yang diberikan oleh extension untuk mendownload video tersebut.

Keuntungan dari metode ini adalah kemudahan penggunaan. Hanya dengan mengklik tombol download pada extension yang terpasang di browsermu, video YouTube akan langsung terunduh ke perangkatmu.

Namun, perlu diingat bahwa pemasangan extension dari sumber yang tidak terpercaya juga dapat membahayakan perangkatmu, jadi pastikan untuk menggunakan extension resmi dari situs browser yang kamu gunakan.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga di Perangkat Mobile

Jika kamu lebih sering mengakses YouTube melalui perangkat mobile, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa membantumu mendownload video YouTube tanpa melalui aplikasi resmi YouTube.

Contohnya adalah VidMate, Snaptube, atau TubeMate. Kamu bisa mencarinya dan mengunduh aplikasi tersebut langsung dari situs resmi mereka atau melalui toko aplikasi di perangkatmu.

Setelah menginstal aplikasi yang kamu pilih, buka YouTube dan temukan video yang ingin kamu unduh. Selanjutnya, salin link video tersebut dan tempelkan di aplikasi download video yang telah kamu unduh.

Pilih format dan kualitas video yang diinginkan, lalu klik tombol download. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai, dan video pun akan tersimpan di perangkat mobilemu.

Walaupun metode ini membutuhkan instalasi aplikasi tambahan, namun beberapa aplikasi pihak ketiga menawarkan keuntungan seperti kecepatan unduh yang lebih cepat atau adanya pilihan format dan kualitas video lebih variatif.

5. Menggunakan Konversi ke MP3

Jika yang kamu perlukan hanya audio dari video YouTube tanpa aplikasi, kamu bisa menggunakan layanan konversi video YouTube ke format MP3. Ada banyak situs yang menyediakan layanan ini, seperti Convert2MP3, YTMP3.cc, atau YouTube to MP3 Converter.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyalin link video YouTube yang ingin dikonversi menjadi MP3. Kemudian, buka situs yang menyediakan layanan konversi video ke MP3 dan tempelkan link tersebut di kolom yang tersedia.

Pilih format MP3 pada situs tersebut, lalu klik tombol convert atau download. Tunggu beberapa saat hingga proses konversi selesai, dan audio dalam format MP3 sudah bisa kamu unduh.

Metode ini sangat berguna jika kamu ingin mengunduh musik atau podcast dari video YouTube tanpa perlu mengunduh video secara keseluruhan. Namun, pastikan untuk hanya menggunakan situs konversi yang terpercaya dan aman.

6. Menggunakan Aplikasi Unduh Video YouTube

Selain situs penyedia layanan atau extension pada browser, ada juga banyak aplikasi unduh video YouTube yang bisa kamu instal di perangkatmu. Beberapa contoh aplikasi tersebut adalah Snaptube, TubeMate, atau VidMate.

Setelah menginstal aplikasi yang kamu pilih, buka aplikasi tersebut dan cari video YouTube yang ingin kamu unduh. Setelah menemukannya, tekan tombol download yang tersedia pada aplikasi tersebut.

Pilih format dan kualitas video yang diinginkan, lalu tunggu hingga proses pengunduhan selesai. Setelah itu, video akan tersimpan di perangkatmu dan bisa disaksikan kapan saja tanpa perlu koneksi internet.

Keuntungan menggunakan aplikasi unduh video YouTube adalah kemudahan dan kecepatan proses pengunduhan. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi ini mungkin melanggar kebijakan dan persyaratan penggunaan YouTube.

7. Menggunakan VLC Media Player

Jika kamu sudah memiliki VLC Media Player di perangkatmu, maka kamu dapat menggunakan program ini untuk mendownload video YouTube tanpa aplikasi tambahan.

Langkah pertama adalah pastikan kamu memiliki versi VLC Media Player terbaru. Kemudian, buka VLC Media Player dan pergi ke menu “Media”. Di sana, pilih “Open Network Stream”.

Pada kolom yang tersedia, salin link video YouTube yang ingin kamu unduh, lalu klik tombol “Play”. VLC Media Player akan mendownload video tersebut dan menyimpannya di perangkatmu.

Metode ini cukup berguna untuk pengguna VLC Media Player, karena tidak memerlukan instalasi aplikasi tambahan. Namun, perlu diingat bahwa beberapa video YouTube mungkin tidak dapat diunduh menggunakan metode ini.

8. Menggunakan Internet Download Manager (IDM)

Jika kamu pengguna PC atau laptop, Internet Download Manager (IDM) adalah salah satu program yang dapat membantu kamu mendownload video YouTube tanpa perlu aplikasi tambahan.

Langkah pertama adalah pastikan kamu telah menginstal IDM di perangkatmu. Kemudian, buka video YouTube yang ingin kamu unduh dan klik kanan pada video tersebut.

Pilih opsi “Copy Video URL” atau “Copy video URL at current time” tergantung pada preferensimu. Setelah itu, buka IDM dan pilih menu “Add URL”.

Pada jendela yang muncul, pastekan link video YouTube yang telah disalin tadi, lalu klik tombol “OK”. IDM akan secara otomatis mendownload video tersebut dan menyimpannya di perangkatmu.

Keuntungan menggunakan IDM adalah kecepatan unduh yang lebih stabil dan fitur-fitur tambahan yang berguna. Namun, aplikasi ini adalah software berbayar, jadi kamu perlu membeli lisensinya jika ingin menggunakannya dalam jangka waktu yang lebih lama.

9. Menggunakan Aplikasi Download Manager Lainnya

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan aplikasi download manager lainnya yang tidak khusus untuk mendownload video YouTube, namun tetap dapat digunakan untuk tujuan tersebut.

Beberapa contoh aplikasi download manager yang dapat kamu gunakan adalah Internet Download Accelerator, Free Download Manager, atau Xtreme Download Manager.

Setelah menginstal aplikasi download manager yang kamu pilih, buka video YouTube yang ingin kamu unduh dan salin link video tersebut. Lalu, buka aplikasi download manager dan pastekan link video YouTube tersebut di kolom yang tersedia.

Pilih format dan kualitas video yang diinginkan, lalu klik tombol download. Aplikasi download manager akan mendownload video tersebut dan menyimpannya di perangkatmu.

Metode ini bisa menjadi alternatif yang baik jika kamu tidak ingin memasang aplikasi tambahan yang khusus untuk mendownload video YouTube. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan aplikasi download manager dapat menyebabkan konflik dengan aplikasi atau program lain yang berjalan di perangkatmu.