cara sholat witir

Pengertian Sholat Witir

Sholat Witir adalah salah satu sholat sunnah yang dikerjakan setelah sholat Isya. Sholat ini dikerjakan dengan jumlah rakaat ganjil, minimal satu rakaat dan maksimal sebanyak 11 rakaat. Pelaksanaan sholat witir dapat dilakukan setelah sholat Isya selesai atau juga dapat dilakukan setelah sholat Tarawih. Sholat witir memiliki banyak keutamaan dan sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat Muslim.

Waktu Pelaksanaan Sholat Witir

Sholat witir dapat dilaksanakan pada dua waktu, yaitu setelah sholat Isya selesai dan juga setelah sholat Tarawih. Setelah sholat Isya selesai, umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan sholat witir sebelum tidur. Sedangkan setelah sholat Tarawih, sholat witir dapat dilaksanakan langsung setelah selesai melaksanakan sholat tarawih. Sebaiknya, pelaksanaan sholat witir dilakukan sebelum waktu sholat Subuh dimulai.

Keutamaan Sholat Witir

Sholat witir memiliki banyak keutamaan di antaranya adalah :

1. Mendapat pahala ibadah yang bernilai di sisi Allah SWT.

2. Menjadi penyempurna ibadah sholat Isya.

3. Meningkatkan kadar iman dan taqwa seseorang.

4. Memberikan perlindungan dan keselamatan dari segala macam bahaya.

5. Merupakan ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Cara Melaksanakan Sholat Witir

Sholat witir dilaksanakan dengan urutan sebagai berikut :

1. Niat Sholat Witir

Sebelum memulai sholat witir, seseorang harus berniat dalam hati untuk melaksanakan sholat witir. Niat tersebut tidak perlu diucapkan dengan lisan, namun harus benar-benar tulus dan ikhlas.

2. Membaca Takbiratul Ihram

Setelah berniat, lakukan takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan hingga sejajar dengan telinga kemudian ucapkan “Allahu Akbar”. Dengan demikian, sholat witir telah dimulai.

3. Membaca Doa Iftitah

Setelah takbiratul ihram, bacalah doa iftitah sebagai pembuka sholat witir. Doa iftitah tidaklah wajib, namun sangat dianjurkan untuk dibaca sebagai bentuk kesempurnaan ibadah.

4. Membaca Surat Al-Fatihah

Setelah doa iftitah, bacalah surat Al-Fatihah sebagai surat pembuka dalam sholat witir. Bacalah surat ini dengan khusyuk dan tajwid yang benar.

5. Membaca Surat Pendek atau Al-Quran

Setelah membaca surat Al-Fatihah, bacalah surat pendek atau ayat-ayat Al-Quran. Surat pendek yang biasa dibaca adalah surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Bacalah surat ini secara berurutan dengan tajwid yang benar.

6. Ruku’

Setelah membaca surat pendek, lakukan ruku’ dengan meletakkan kedua tangan di atas lutut dan membungkukkan badan hingga sejajar dengan paha.

7. I’tidal

Setelah ruku’, tegakkan tubuh secara sempurna dan bacalah dzikir “Sami’allahu liman hamidah” sebagai tanda berdirinya kembali dari ruku’.

8. Sujud Pertama

Setelah i’tidal, lakukan gerakan sujud pertama dengan meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, kedua lutut, dan ujung kedua kaki di atas lantai. Posisi jari kaki harus menghadap ke arah kiblat.

9. Duduk di Antara Dua Sujud

Setelah sujud pertama, duduklah sejenak di antara dua sujud dengan meletakkan tangan kiri di atas paha kiri dan tangan kanan di atas paha kanan. Bacalah dzikir atau doa sesuai sunnah Nabi SAW.

Langkah-langkah tersebut merupakan tahapan dasar dalam melaksanakan sholat witir. Lakukan setiap gerakan secara khusyuk dan ikhlas. Banyaklah berdoa kepada Allah SWT selama pelaksanaan sholat witir agar mendapatkan keberkahan dan keampunan dosa-dosa.

Sholat Witir Setelah Sholat Tarawih

Sholat witir bisa juga dilakukan setelah melaksanakan sholat Tarawih. Sholat Tarawih dilaksanakan setelah sholat Isya pada bulan Ramadan. Setelah sholat tarawih selesai, umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan sholat witir sebelum beranjak pulang. Sholat witir setelah sholat tarawih dilaksanakan dengan cara yang sama seperti sholat witir setelah sholat Isya.

Kesimpulan

Sholat witir merupakan salah satu sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Pelaksanaan sholat witir dilakukan dengan jumlah rakaat ganjil, minimal satu rakaat dan maksimal sebanyak 11 rakaat. Waktu pelaksanaan sholat witir dapat dilakukan setelah sholat Isya atau setelah sholat Tarawih. Melaksanakan sholat witir merupakan bentuk pengabdian kepada Allah SWT dan dapat meningkatkan iman serta taqwa seseorang. Oleh karena itu, marilah kita melaksanakan sholat witir secara rutin untuk mendapatkan keberkahan dan keampunan dosa-dosa yang kita lakukan.