cara membuat makalah di hp

Pendahuluan

Cara membuat makalah di hp adalah topik yang menarik untuk dibahas dalam era digital seperti sekarang ini. Dengan kemajuan teknologi, kita dapat melakukan banyak hal menggunakan smartphone, termasuk membuat makalah. Dalam artikel ini, akan dijelaskan secara lengkap dan praktis bagaimana cara membuat makalah di hp. Simak penjelasan berikut ini!

Membuat Rencana Makalah

Rencana pengaturan makalah sangat penting agar tulisan yang dihasilkan terstruktur dengan baik dan mudah dipahami oleh pembaca. Berikut adalah langkah-langkah membuat rencana makalah:

Tentukan Topik dan Tujuan Makalah

Langkah pertama dalam membuat rencana makalah adalah menentukan topik yang akan dibahas. Pilihlah topik yang sesuai dengan tugas atau kepentingan anda. Sertakan juga tujuan makalah tersebut agar lebih fokus pada topik yang dipilih.

Pelajari Materi yang Dibutuhkan

Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya adalah mempelajari materi yang dibutuhkan untuk mendukung tulisan dalam makalah. Cari referensi yang relevan dan gunakan sumber yang terpercaya untuk mengumpulkan informasi.

Buat Kerangka Makalah

Setelah mempelajari materi yang diperlukan, buatlah kerangka makalah yang akan digunakan sebagai panduan penulisan. Tentukan bagian pembuka, pembahasan utama, dan kesimpulan dalam makalah anda.

Tentukan Subtopik dan Alur Penulisan

Pada langkah ini, tentukan subtopik yang akan dibahas dalam makalah anda. Pastikan subtopik tersebut telah sesuai dengan topik yang telah dipilih. Atur juga alur penulisan agar tulisan dapat terstruktur dengan baik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Membuat Daftar Pustaka

Jangan lupakan pentingnya mencantumkan daftar pustaka dalam makalah anda. Tuliskan semua sumber yang digunakan dalam daftar pustaka dengan format yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Menulis Makalah di HP dengan Aplikasi Office

Setelah membuat rencana makalah, langkah selanjutnya adalah menulis makalah di hp menggunakan aplikasi Office. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Unduh Aplikasi Office di HP

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Office di hp anda. Aplikasi Office menyediakan berbagai tools yang berguna untuk menulis dan mengedit makalah.

Buka Aplikasi Office dan Pilih Jenis Dokumen

Buka aplikasi Office yang telah diinstal dan pilih jenis dokumen yang ingin anda buat, misalnya dokumen Word.

Atur Format Makalah

Setelah memilih jenis dokumen, aturlah format makalah seperti margin, ukuran font, jarak antar baris, dan sebagainya, sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tulis Isi Makalah

Selanjutnya, ketiklah isi makalah sesuai dengan rencana yang telah anda buat sebelumnya. Gunakan penulisan yang jelas, logis, dan terstruktur agar pembaca mudah mengikuti alur tulisan.

Gunakan Fitur Penyuntingan Teks

Aplikasi Office di hp umumnya dilengkapi dengan fitur penyuntingan teks, seperti pemformatan teks, pemilihan jenis huruf, penomoran, dan lain sebagainya. Manfaatkan fitur tersebut untuk memperbaiki tampilan dan struktur tulisan anda.

Mengedit dan Mengoreksi Makalah di HP

Setelah menulis makalah di hp, langkah berikutnya adalah mengedit dan mengoreksi tulisan anda untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang mungkin ada. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Membaca Ulang Makalah

Langkah pertama adalah membaca ulang makalah anda secara keseluruhan. Perhatikan kesalahan-kesalahan gramatikal, kesalahan penulisan, dan kesalahan logika dalam tulisan anda. Koreksi semua kesalahan yang ditemukan secara detail.

Perbaiki Gaya Penulisan

Jika ada kekurangan dalam gaya penulisan anda, perbaiki gaya penulisan sehingga lebih baik dan sesuai dengan standar penulisan ilmiah.

Periksa Fakta dan Kutipan

Periksa kembali semua fakta dan kutipan yang digunakan dalam makalah. Pastikan sumber yang digunakan valid dan kutipan didasarkan pada pernyataan yang akurat dan jelas.

Menggunakan Fitur Spelling dan Grammar Check

Aplikasi Office di hp biasanya menyediakan fitur spelling dan grammar check. Gunakan fitur tersebut untuk memperbaiki kesalahan ejaan dan tata bahasa dalam tulisan anda.

Penyusunan Daftar Pustaka di HP

Bagian terakhir dalam pembuatan makalah di hp adalah menyusun daftar pustaka. Daftar pustaka adalah bagian penting dalam menyebutkan sumber-sumber yang telah anda gunakan dalam makalah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pilih Bentuk Penulisan Daftar Pustaka

Ada beberapa format penulisan daftar pustaka yang dapat anda pilih, seperti APA, MLA, atau Harvard. Sesuaikan format dengan kebutuhan dan aturan yang berlaku.

Tuliskan Informasi Sumber dengan Lengkap

Untuk setiap sumber yang digunakan, tuliskan informasi sumber secara lengkap, termasuk nama penulis, tahun terbit, judul publikasi, dan lain sebagainya. Pastikan semua informasi tersebut akurat dan dalam format yang telah ditentukan.

Tata Naskah Daftar Pustaka dengan Rapi

Setelah mencantumkan semua sumber dalam daftar pustaka, pastikan tata naskah daftar pustaka rapi dan sesuai dengan format yang telah dipilih.

Kesimpulan

Membuat makalah di hp bukanlah hal yang sulit asal anda memiliki rencana dan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Dengan menggunakan aplikasi Office di hp, anda dapat menulis, mengedit, dan menyusun daftar pustaka dengan mudah dan praktis. Semoga panduan ini bermanfaat dalam pembuatan makalah anda. Selamat mencoba!