cara memberi harakat pada tulisan arab di hp

Cara memberi harakat pada tulisan Arab di HP sekarang menjadi semakin mudah dengan perkembangan teknologi yang ada. Bagi Anda yang ingin menghafal Al-Quran atau mempelajari bahasa Arab, memiliki kemampuan menambahkan harakat pada tulisan Arab adalah hal yang sangat penting. Di zaman sekarang, dengan menggunakan smartphone atau HP, Anda dapat dengan mudah menambahkan harakat pada tulisan Arab tanpa perlu lagi menggunakan keyboard khusus atau software tambahan.

Metode 1: Menggunakan Aplikasi Tertentu

Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan harakat pada tulisan Arab di HP. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah “Aplikasi Harakat Arab”. Aplikasi ini dapat diunduh dan diinstal secara gratis melalui Play Store atau App Store. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah menambahkan harakat pada tulisan Arab dengan beberapa langkah berikut:

Langkah 1: Buka Aplikasi Harakat Arab

Setelah Anda menginstal aplikasi Harakat Arab, buka aplikasi ini di HP Anda. Anda akan langsung melihat tampilan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan.

Langkah 2: Tambahkan Tulisan Arab

Setelah Anda membuka aplikasi ini, Anda dapat langsung menambahkan tulisan Arab yang ingin Anda beri harakat. Tulisan Arab tersebut dapat Anda ketik secara manual menggunakan keyboard dalam aplikasi ini atau Anda dapat menyalin dan menempelkan teks Arab yang ingin Anda tambahkan harakatnya.

Langkah 3: Pilih Jenis Harakat

Setelah Anda menambahkan tulisan Arab, langkah selanjutnya adalah memilih jenis harakat yang ingin Anda berikan pada teks Arab tersebut. Aplikasi Harakat Arab menyediakan berbagai macam jenis harakat yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 4: Tambahkan Harakat

Setelah memilih jenis harakat, Anda tinggal menekan tombol “Tambahkan Harakat” yang ada dalam aplikasi ini. Aplikasi akan secara otomatis menambahkan harakat yang Anda pilih pada teks Arab yang telah Anda masukkan.

Langkah 5: Salin atau Simpan Teks yang Telah Diberi Harakat

Setelah menambahkan harakat pada tulisan Arab, Anda dapat langsung menyalin teks tersebut atau menyimpannya dalam format file tertentu yang diinginkan. Anda juga dapat membagikan teks yang telah diberi harakat melalui media sosial atau aplikasi pesan.

Metode 2: Menggunakan Situs Web atau Online Tool

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga dapat menambahkan harakat pada tulisan Arab di HP menggunakan situs web atau online tool. Beberapa situs web atau online tool yang dapat Anda gunakan antara lain adalah “Online Arabic Tools” dan “Arabic Keyboard”. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Situs Web atau Online Tool

Pertama, buka situs web atau online tool yang Anda pilih di browser HP Anda. Pastikan situs web atau online tool yang Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 2: Tambahkan Tulisan Arab

Setelah membuka situs web atau online tool, Anda dapat langsung menambahkan tulisan Arab yang ingin Anda beri harakat. Tulisan Arab tersebut dapat Anda ketik secara manual menggunakan keyboard virtual dalam situs web atau online tool ini atau Anda dapat menyalin dan menempelkan teks Arab yang ingin Anda tambahkan harakatnya.

Langkah 3: Pilih Jenis Harakat

Setelah menambahkan tulisan Arab, selanjutnya Anda perlu memilih jenis harakat yang ingin Anda berikan pada teks Arab tersebut. Situs web atau online tool yang Anda gunakan akan menyediakan berbagai jenis harakat yang dapat dipilih.

Langkah 4: Tambahkan Harakat

Setelah memilih jenis harakat, Anda tinggal menekan tombol “Tambahkan Harakat” atau tombol serupa yang ada dalam situs web atau online tool ini. Teks Arab yang Anda masukkan akan secara otomatis diberi harakat sesuai dengan pilihan Anda.

Langkah 5: Salin atau Simpan Teks yang Telah Diberi Harakat

Setelah teks Arab diberi harakat, Anda dapat langsung menyalin teks tersebut atau menyimpannya dalam format file tertentu yang diinginkan. Anda juga dapat membagikan teks yang telah diberi harakat melalui media sosial atau aplikasi pesan.

Metode 3: Menggunakan Fitur Bawaan HP

Beberapa HP juga menyediakan fitur bawaan yang dapat digunakan untuk menambahkan harakat pada tulisan Arab tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan atau menggunakan situs web atau online tool. Fitur bawaan ini dapat ditemukan di pengaturan HP atau dalam aplikasi khusus seperti “Tulisan Arab”. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Fitur Bawaan HP atau Aplikasi Khusus

Pertama, buka fitur bawaan HP atau aplikasi khusus yang menyediakan fitur penambahan harakat pada tulisan Arab. Buka pengaturan HP atau buka aplikasi “Tulisan Arab” yang telah diinstal pada HP Anda.

Langkah 2: Aktifkan Fitur Penambahan Harakat

Setelah membuka fitur bawaan HP atau aplikasi khusus, cari opsi atau pengaturan yang terkait dengan penambahan harakat pada tulisan Arab. Aktifkan fitur ini dengan mengikuti petunjuk yang ada pada HP Anda.

Langkah 3: Tambahkan Tulisan Arab

Setelah fitur penambahan harakat aktif, Anda dapat langsung menambahkan tulisan Arab yang ingin Anda beri harakat. Ketikkan teks Arab secara manual menggunakan keyboard virtual yang disediakan atau salin dan tempel teks Arab yang ingin Anda tambahkan harakatnya.

Langkah 4: Pilih Jenis Harakat

Setelah menambahkan tulisan Arab, selanjutnya adalah memilih jenis harakat yang ingin Anda berikan pada teks Arab tersebut. Fitur bawaan HP atau aplikasi khusus biasanya menyediakan berbagai pilihan jenis harakat yang dapat dipilih.

Langkah 5: Tambahkan Harakat

Setelah memilih jenis harakat, Anda tinggal menekan tombol atau ikon yang ada dalam fitur bawaan HP atau dalam aplikasi khusus ini untuk menambahkan harakat pada teks Arab yang telah Anda masukkan. Harakat akan ditambahkan secara otomatis sesuai dengan pilihan Anda.

Langkah 6: Salin atau Simpan Teks yang Telah Diberi Harakat

Setelah teks Arab diberi harakat, Anda dapat langsung menyalin teks tersebut atau menyimpannya dalam format file yang diinginkan. Anda juga dapat membagikan teks yang telah diberi harakat melalui media sosial atau aplikasi pesan.

Demikianlah beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan harakat pada tulisan Arab di HP. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat dengan mudah mempelajari bahasa Arab atau menghafal Al-Quran secara lebih efektif.