cara cek turnitin

Turnitin adalah salah satu tools yang digunakan oleh mahasiswa, dosen, dan peneliti untuk memeriksa kemiripan teks dalam sebuah karya tulis. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai cara cek turnitin. Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Turnitin?

Turnitin adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi plagiarisme dalam sebuah karya tulis. Turnitin membandingkan teks yang diunggah dengan jutaan sumber daya digital seperti jurnal, artikel, dan dokumen online lainnya untuk menemukan kesamaan yang mencurigakan. Fitur ini sangat berguna dalam membantu meminimalisir kasus plagiarisme dalam berbagai bidang studi.

Sistem ini juga dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memberikan umpan balik kepada penulis mengenai kualitas tulisan mereka. Hal ini membuat Turnitin menjadi salah satu alat yang populer di kalangan akademisi.

Secara umum, Turnitin memiliki dua fungsi utama, yaitu:

1. Mendeteksi plagiarisme

Berbagai instansi pendidikan, seperti universitas dan sekolah, menggunakan Turnitin untuk mendeteksi kemiripan teks dalam karya tulis mahasiswa mereka. Dengan fitur ini, pengajar dapat dengan mudah mengetahui apakah mahasiswa melakukan penjiplakan atau tidak.

Menggunakan Turnitin ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperbaiki karya tulis mereka sebelum diserahkan kepada pengajar. Dengan demikian, mahasiswa dapat memperbaiki referensi dan menghindari tuduhan plagiarisme.

2. Memberikan umpan balik

Selain mendeteksi plagiarisme, Turnitin juga memberikan umpan balik kepada penulis mengenai kualitas tulisan mereka. Umpan balik ini meliputi saran perbaikan, analisis plagiarisme, serta referensi yang relevan. Fitur ini sangat bermanfaat bagi penulis dalam meningkatkan kemampuan menulis mereka serta memperbaiki kualitas tulisan.

Cara Cek Turnitin

Berikut ini adalah cara cek Turnitin yang dapat Anda ikuti:

1. Membuat Akun

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun di Turnitin. Anda dapat mengunjungi situs resmi Turnitin dan mencari opsi “Daftar” atau “Registrasi”. Setelah itu, ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengisi data diri dan membuat akun.

Setelah berhasil membuat akun, Anda akan menerima email konfirmasi untuk mengaktifkan akun tersebut. Klik tautan yang terdapat dalam email tersebut untuk mengaktifkan akun.

2. Masuk ke Akun

Setelah berhasil membuat akun, langkah berikutnya adalah masuk ke akun Turnitin. Cari tombol “Masuk” atau “Login” di halaman utama Turnitin, kemudian masukkan username dan password yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam masuk ke akun, Anda dapat menggunakan fitur “Lupa Kata Sandi” yang disediakan oleh Turnitin.

3. Unggah Berkas

Setelah berhasil masuk ke akun, langkah selanjutnya adalah mengunggah berkas yang ingin Anda cek ke Turnitin. Carilah opsi “Unggah Berkas” atau fitur serupa yang tersedia di halaman akun Anda.

Setelah menemukan fitur tersebut, klik tombol “Unggah Berkas” dan pilih berkas yang ingin Anda periksa. Pastikan berkas yang diunggah memiliki format yang didukung oleh Turnitin, seperti DOC, DOCX, atau PDF.

4. Mulai Pemeriksaan

Setelah berkas berhasil diunggah, langkah selanjutnya adalah memulai pemeriksaan. Biasanya, Anda akan diminta untuk memberikan judul untuk berkas yang diunggah. Setelah itu, klik tombol “Mulai Pemeriksaan” atau fitur serupa untuk memulai proses pemeriksaan.

Proses pemeriksaan biasanya memakan waktu beberapa saat, tergantung pada panjangnya berkas dan tingkat kesibukan server Turnitin. Anda dapat meninggalkan halaman dan kembali lagi ketika proses pemeriksaan selesai.

5. Menampilkan Hasil

Setelah proses pemeriksaan selesai, Turnitin akan menampilkan hasilnya dalam bentuk laporan detil. Laporan ini akan menunjukkan tingkat kemiripan teks dengan sumber-sumber yang ada di database Turnitin.

Panduan hasil laporan biasanya tersedia di halaman akun Anda. Anda dapat mempelajari laporan tersebut untuk mengetahui detil tingkat kemiripan, sumber yang relevan, serta umpan balik yang diberikan oleh Turnitin.

Kesimpulan

Turnitin merupakan salah satu alat yang sangat bermanfaat dalam melakukan pemeriksaan kemiripan teks. Dalam artikel ini, telah dijelaskan mengenai apa itu Turnitin dan bagaimana cara cek Turnitin. Dengan menggunakan Turnitin, kita dapat mencegah terjadinya plagiarisme serta memberikan umpan balik yang berguna bagi penulis dalam meningkatkan kualitas tulisan mereka.