cara membuat email baru di hp yang sudah ada emailnya

1. Mengakses Aplikasi Email

Untuk membuat email baru di hp yang sudah memiliki email sebelumnya, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengakses aplikasi email yang sudah terpasang di hp Anda. Buka aplikasi email tersebut dan pastikan Anda sudah login dengan akun email yang sudah ada sebelumnya.

Kemudian, cari tombol atau opsi yang mengarah ke pengaturan akun atau penambahan akun baru di aplikasi tersebut. Biasanya, tombol ini berada di pojok kanan atas atau bawah halaman.

Klik tombol atau opsi tersebut untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman pengaturan akun atau pembuatan akun baru di aplikasi email.

Pada halaman ini, Anda akan melihat beberapa pilihan seperti “Tambah Akun” atau “Buat Akun Baru”. Klik salah satu pilihan tersebut untuk memulai pembuatan email baru.

2. Mengisi Informasi Pribadi

Setelah memilih opsi pembuatan akun baru, Anda akan dibawa ke halaman formulir pengisian informasi pribadi. Pada halaman ini, Anda harus mengisi beberapa informasi yang diperlukan untuk membuat email baru.

Informasi yang biasanya diminta antara lain nama depan, nama belakang, tanggal lahir, serta jenis kelamin. Isilah informasi tersebut sesuai dengan identitas pribadi Anda yang sebenarnya.

Setelah mengisi informasi pribadi, biasanya Anda akan diminta untuk memilih alamat email yang diinginkan. Pilih alamat email yang unik dan mudah diingat, namun jangan lupa juga untuk memastikan bahwa alamat email tersebut belum digunakan oleh orang lain.

Setelah itu, buatlah password yang kuat untuk mengamankan email Anda. Pastikan password yang Anda buat terdiri dari kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol agar sulit ditebak oleh orang lain.

Setelah semua informasi terisi dengan lengkap dan benar, klik tombol “Lanjutkan” atau “Buat Akun” untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Konfirmasi dan Setel Keamanan

Setelah menyelesaikan pengisian informasi pribadi, langkah selanjutnya adalah melakukan konfirmasi dan pengaturan keamanan untuk email baru Anda.

Pada halaman ini, biasanya Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon atau alamat email alternatif sebagai langkah keamanan tambahan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemulihan akun jika terjadi masalah atau lupa password.

Masukkan nomor telepon atau alamat email alternatif Anda yang aktif. Pastikan Anda memiliki akses penuh ke nomor telepon atau email tersebut, karena Anda akan menerima kode verifikasi dari layanan email untuk melanjutkan proses pembuatan akun.

Setelah mengisi nomor telepon atau alamat email alternatif, klik tombol “Kirim Kode Verifikasi” atau “Verifikasi” untuk meminta kode verifikasi dari layanan email.

Cek pesan masuk di nomor telepon atau email yang Anda masukkan tadi, kemudian masukkan kode verifikasi yang diterima ke dalam kolom yang disediakan di halaman tersebut.

Jika kode verifikasi yang Anda masukkan benar, maka Anda akan berhasil melakukan konfirmasi dan pengaturan keamanan untuk email baru Anda.

4. Menyimpan Kontak

Setelah berhasil membuat email baru di hp yang sudah ada emailnya, langkah berikutnya adalah menyimpan kontak Anda ke dalam aplikasi email.

Pilih opsi atau tombol yang mengarah ke daftar kontak atau buka buku telepon di aplikasi email. Biasanya, tombol ini berada di bawah atau di samping tombol tulis pesan baru.

Pada halaman daftar kontak, cari tombol atau opsi yang mengarah ke penambahan kontak baru. Klik tombol atau opsi tersebut untuk memulai penambahan kontak.

Pada halaman penambahan kontak, Anda akan melihat kolom atau formulir yang perlu diisi dengan informasi kontak baru Anda. Isi kolom atau formulir ini dengan data lengkap dan benar, seperti nama lengkap, alamat email, nomor telepon, dan alamat rumah jika diperlukan.

Setelah mengisi informasi kontak, klik tombol “Simpan” atau “Tambah Kontak” untuk menyimpan kontak baru ke dalam aplikasi email Anda.

Ulangi langkah ini untuk setiap kontak yang ingin Anda simpan ke dalam aplikasi email Anda.

5. Mengelola Email

Selanjutnya, setelah berhasil membuat email baru di hp Anda, Anda perlu belajar cara mengelola email tersebut agar bisa digunakan secara efektif.

Pertama, carilah tombol atau opsi yang mengarah ke kotak masuk pada aplikasi email. Klik tombol atau opsi tersebut untuk membuka kotak masuk Anda.

Di dalam kotak masuk, Anda akan melihat daftar email yang sudah masuk. Untuk membaca email, cukup klik pada subjek email yang ingin dibaca.

Jika Anda ingin mengirimkan email kepada seseorang, klik tombol atau opsi yang mengarah ke pembuatan email baru. Biasanya tombol ini berbentuk ikon pena atau tulisan “Tulis Email Baru”.

Pada halaman pembuatan email baru, isilah kolom atau formulir dengan alamat email tujuan, subjek, dan isi pesan yang ingin disampaikan. Setelah itu, klik tombol “Kirim” atau “Send” untuk mengirimkan email.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur email ke dalam folder yang berbeda-beda untuk membantu mengelola email sesuai kebutuhan. Biasanya, tombol atau opsi untuk mengatur folder berada di bawah atau di samping daftar email.

Anda dapat membuat folder baru dengan mengklik tombol atau opsi “Buat Folder Baru” dan mengisi nama folder yang diinginkan. Setelah itu, Anda dapat memindahkan email ke folder yang baru dibuat dengan memilih email yang ingin dipindahkan dan memilih folder tujuannya.

6. Mengamankan Email

Mengingat email mengandung banyak informasi pribadi dan penting, sangat penting untuk menjaga keamanan email Anda.

Pertama, pastikan Anda menggunakan password yang kuat dan tidak mudah ditebak oleh orang lain. Usahakan selalu mengganti password secara berkala dan jangan menggunakan password yang sama dengan akun lain yang Anda miliki.

Selain itu, hindari membuka email atau mengakses akun email di perangkat atau jaringan yang tidak terpercaya. Jika perlu, aktifkan fitur pengamanan tambahan seperti autentikasi dua faktor atau pengenalan sidik jari untuk memastikan hanya Anda yang dapat mengakses email tersebut.

Jangan pernah membagikan password email kepada siapapun dan hati-hati dalam memberikan informasi pribadi melalui email. Hindari mengklik tautan atau lampiran yang mencurigakan, karena hal tersebut bisa mengakibatkan serangan malware atau phising.

Terakhir, pastikan Anda selalu melakukan update pada aplikasi email yang digunakan agar mendapatkan fitur keamanan terbaru dan terhindar dari kerentanan keamanan yang telah diperbaiki.

7. Menghubungkan dengan Aplikasi Lain

Salah satu kelebihan email adalah kemampuannya untuk terintegrasi dengan aplikasi lain, seperti kalender atau pengelola tugas. Dengan menghubungkan email dengan aplikasi lain, Anda dapat mengatur jadwal, mengingatkan tugas, dan terorganisir dengan lebih baik.

Untuk menghubungkan email dengan aplikasi lain, carilah opsi atau tombol yang mengarah ke pengaturan atau pengaturan akun di aplikasi email Anda. Biasanya, tombol atau opsi ini berada di menu pengaturan atau menu lainnya yang serupa.

Pada halaman pengaturan akun atau pengaturan, carilah bagian atau opsi yang berkaitan dengan integrasi atau koneksi dengan aplikasi lain. Klik opsi ini untuk melihat daftar aplikasi yang dapat terhubung dengan email Anda.

Pilih aplikasi yang ingin Anda hubungkan dengan email, kemudian ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses penghubungan atau sinkronisasi akun.

Setelah terhubung, Anda akan dapat melihat jadwal atau tugas yang sudah diatur di aplikasi lain muncul di dalam email Anda, atau sebaliknya, dapat mengakses email dari dalam aplikasi lain yang sudah terhubung.

8. Menjaga Ruang Penyimpanan

Saat menggunakan email, tidak jarang kita akan menerima email dengan lampiran berukuran besar atau bahkan spam. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga ruang penyimpanan email agar tidak penuh dan tetap dapat menerima email penting.

Salah satu cara untuk menjaga ruang penyimpanan adalah dengan secara rutin membersihkan email yang sudah tidak diperlukan lagi. Buatlah kebiasaan untuk menghapus email yang sudah dibaca atau tidak relevan dengan kebutuhan Anda.

Jika ada email dengan lampiran berukuran besar yang tidak penting, Anda juga bisa menghapus atau mengunduh lampiran tersebut dan hanya menyimpan file yang diperlukan.

Anda juga dapat menggunakan fitur arsip atau folder khusus untuk menyimpan email yang masih ingin Anda pertahankan, tetapi tidak perlu dilihat setiap hari.

Terakhir, pastikan Anda memeriksa folder spam atau folder lain yang mungkin menyimpan email yang salah terdeteksi. Setelah memastikan email tersebut memang spam atau tidak penting, Anda dapat menghapusnya secara permanen.

9. Membaca Aturan Penggunaan

Sebagai pengguna email, sangat penting untuk menjaga etika dan mengikuti aturan penggunaan yang berlaku. Setiap layanan email memiliki peraturan dan kebijakan penggunaan yang perlu dipahami dan diikuti.

Sebelum menggunakan email, luangkan waktu untuk membaca dan memahami aturan penggunaan yang diberikan oleh penyedia layanan email. Biasanya, aturan-aturan ini tercantum di dalam kebijakan privasi atau syarat dan ketentuan penggunaan.

Pahami batasan-batasan penggunaan email seperti jumlah atau ukuran email yang dapat dikirimkan, larangan penggunaan untuk tujuan ilegal, atau larangan membagikan konten yang melanggar hak cipta.

Dengan menjaga etika dan mengikuti aturan penggunaan yang berlaku, Anda akan dapat menggunakan email secara optimal dan terhindar dari masalah atau sanksi yang mungkin muncul akibat pelanggaran aturan tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat email baru di hp yang sudah memiliki email sebelumnya dengan mudah dan mengelolanya dengan efektif. Ingatlah untuk selalu menjaga keamanan email Anda, menggunakan ruang penyimpanan secara bijak, dan mengikuti aturan penggunaan yang berlaku. Selamat mencoba!