cara membuat pizza teflon

Pengantar

Cara membuat pizza teflon adalah salah satu metode yang populer digunakan oleh banyak orang untuk membuat pizza di rumah. Dengan menggunakan teflon sebagai alasnya, Anda dapat dengan mudah membuat pizza yang renyah di luar dan lembut di dalam. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat pizza teflon yang lezat dan sempurna. Ikuti petunjuk ini untuk menciptakan pizza yang lezat dan nikmat untuk Anda dan keluarga.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum Anda memulai proses pembuatan pizza teflon, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang akan Anda butuhkan:

  1. Tepung terigu segitiga biru 500 gram
  2. Ragi instan 7 gram
  3. Gula pasir 1 sendok teh
  4. Garam 1/2 sendok teh
  5. Air hangat 250 ml
  6. Minyak sayur 2 sendok makan
  7. Saus tomat
  8. Mozzarella parut
  9. Topping sesuai selera (daging asap, jamur, paprika, dll.)

Langkah-langkah Pembuatan Pizza Teflon

1. Membuat Adonan Pizza

Langkah pertama dalam membuat pizza teflon adalah membuat adonan pizza. Campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan garam dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata menggunakan sendok kayu. Setelah itu, tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kalis.

Jika adonan masih terlalu lengket, Anda bisa menambahkan sedikit tepung terigu. Setelah adonan kalis, tuangkan minyak sayur dan uleni adonan dengan tangan selama kurang lebih 10 menit hingga elastis dan tidak lengket.

Tutup adonan dengan kain bersih dan biarkan mengembang selama 1 jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat volume awalnya.

Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan dengan menggunakan telapak tangan untuk mengeluarkan udara yang terperangkap di dalamnya.

Pindahkan adonan ke permukaan yang ditaburi tepung terigu dan bagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah pizza yang ingin Anda buat. Bentuk setiap bagian menjadi bulatan lalu letakkan dalam wadah yang ditaburi tepung terigu. Tutup wadah dengan plastik wrap dan biarkan istirahat selama 15-30 menit.

2. Mempersiapkan Teflon dan Kompor

Sementara adonan pizza istirahat, persiapkan teflon dan kompor yang akan Anda gunakan untuk memanggang pizza teflon. Pastikan teflon bersih dan kering sebelum digunakan. Panaskan teflon di atas kompor dengan api sedang selama 5-10 menit hingga teflon benar-benar panas.

3. Membuat dan Memanggang Pizza

Ambil satu bagian adonan pizza dan giling dengan menggunakan rolling pin hingga tipis sesuai dengan ketebalan yang diinginkan. Jika adonan sulit digulung atau mengembang kembali setelah digulung, biarkan beberapa saat hingga adonan sedikit mengistirahat.

Setelah adonan tipis, letakkan di atas teflon panas. Biarkan adonan matang di satu sisi selama 1-2 menit atau hingga terlihat bintik-bintik kecoklatan di permukaannya. Setelah itu, balik adonan dan letakkan saus tomat, keju mozzarella parut, dan topping sesuai selera di permukaan adonan yang matang.

Tutup teflon dengan penutup agar panas terjaga dan biarkan adonan matang selama 3-5 menit atau hingga keju meleleh dan adonan pizza matang sempurna. Jika adonan masih belum matang, biarkan beberapa saat lagi hingga matang sesuai dengan selera Anda.

Setelah adonan matang, angkat pizza dari teflon dan letakkan di atas piring saji. Potong pizza menjadi beberapa bagian menggunakan pisau pizza atau pemotong pizza. Sajikan pizza teflon hangat dan nikmati bersama keluarga atau teman.

Tips dan Trik

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda dalam membuat pizza teflon yang sempurna:

  • Gunakan teflon yang berkualitas baik agar pizza tidak lengket saat dipanggang.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan saus tomat agar pizza tidak terlalu basah.
  • Pilih topping yang segar dan bervariasi untuk menambah cita rasa pizza.
  • Jangan lupa untuk memastikan teflon benar-benar panas sebelum memanggang adonan pizza.
  • Tutup teflon saat memanggang untuk memastikan adonan matang secara merata.

Kesimpulan

Dengan menggunakan metode pembuatan pizza teflon ini, Anda dapat menciptakan pizza yang lezat dan sempurna di rumah tanpa harus pergi ke restoran. Ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas dan jangan lupa untuk memperhatikan tips dan trik yang diberikan agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba membuat pizza teflon sendiri dan nikmati hasilnya bersama orang tercinta!