cara kepang rambut

Kepang Rambut: Gaya Klasik yang Tetap Dicontohkan

Salah satu gaya rambut yang menjadi favorit sepanjang masa adalah kepang rambut. Dengan tampilan yang elegan dan tahan lama, kepang rambut tetap menjadi pilihan yang populer bagi banyak wanita. Apakah Anda ingin mempelajari cara membuat kepang rambut yang sempurna? Simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Persiapan Sebelum Mulai Mengepang Rambut

Sebelum memulai proses kepang rambut, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan untuk memastikan hasil akhirnya tetap rapi dan tahan lama. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda ikuti sebelum Anda mulai kepang rambut:

1. Bersihkan Rambut dengan Produk yang Tepat

Langkah pertama sebelum mulai kepang rambut adalah dengan membersihkan rambut secara menyeluruh menggunakan shampoo dan kondisioner yang sesuai dengan tipe rambut Anda. Pastikan rambut benar-benar bersih dan bebas dari minyak atau produk styling sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

2. Rapikan Rambut dengan Sisir Gigi Jarang

Sebelum mulai kepang rambut, penting untuk merapikan rambut dengan menggunakan sisir gigi jarang. Sisir rambut akan membantu untuk menghilangkan kekusutan dan memastikan setiap helai rambut terurai dengan baik, sehingga akan lebih mudah dalam proses kepang rambut.

3. Siapkan Alat dan Aksesoris yang Dibutuhkan

Sebelum memulai kepang rambut, pastikan Anda telah menyiapkan semua peralatan dan aksesoris yang diperlukan. Beberapa alat yang umumnya digunakan dalam kepang rambut adalah sisir ber gigi jarang, jepit rambut, dan gel pelumas rambut. Pastikan juga Anda memiliki aksesoris tambahan seperti pita atau bandana untuk memberikan sentuhan tambahan pada styling kepang rambut Anda.

Cara Membuat Kepang Rambut Biasa

Kepang rambut biasa merupakan tipe kepang yang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah lengkapnya:

1. Bagi Rambut menjadi Tiga Bagian yang Sama Besar

Langkah pertama dalam membuat kepang rambut biasa adalah dengan membagi rambut menjadi tiga bagian yang sama besar. Gunakan jari tengah untuk memisahkan rambut menjadi bagian kiri, tengah, dan kanan. Proses ini dapat membantu Anda dalam melacak setiap bagian dan memastikan kepangan tetap rapi saat dikerjakan.

2. Mulai Mengepang Rambut dari Arah Kepala

Selanjutnya, mulailah menukar bagian rambut tengah dengan rambut kiri. Tarik rambut kiri di atas rambut tengah, lalu tarik rambut kanan di atas rambut yang sekarang menjadi tengah. Ulangi proses ini secara bergantian di setiap sisi kepala hingga tuntas. Pastikan Anda mengepang dengan kencang agar kepang tidak mudah terlepas dari rambut Anda.

3. Lanjutkan Mengepang Hingga Ujung Rambut

Setelah rambut terkepang hingga sepanjang tengkuk, Anda dapat melanjutkan proses kepang hingga ujung rambut. Pastikan setiap helai rambut tetap tertahan secukupnya saat Anda mengepang. Jika ada rambut yang terlepas dari kepangan, gunakan jepit rambut untuk menahannya agar rapi.

4. Ikat Kepang Rambut dengan Pita atau Bandana

Setelah Anda selesai mengepang rambut hingga ujungnya, ikat kepang rambut dengan menggunakan pita atau bandana. Penggunaan pita atau bandana dapat memberikan sentuhan tambahan pada tampilan kepang rambut Anda dan membuatnya terlihat lebih menarik. Pastikan ikatan tidak terlalu ketat agar tidak membuat kepala menjadi sakit.

5. Gunakan Gel Pelumas Rambut untuk Mengurangi Rambut Kusut

Jika Anda memiliki rambut yang susah diatur dan rentan menjadi kusut, gunakan sedikit gel pelumas rambut setelah membuat kepang rambut. Oleskan gel pada telapak tangan Anda, lalu ratakan pada rambut. Hal ini akan membantu menjaga rambut tetap terjaga dengan baik sepanjang hari.

Cara Membuat Kepang Rambut Waterfall yang Romantis

Jika Anda ingin mencoba kepang rambut yang lebih unik dan elegan, keang rambut waterfall dapat menjadi pilihan yang sempurna. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kepang rambut waterfall yang romantis:

1. Pisahkan Rambut Secukupnya

Langkah pertama dalam membuat kepang rambut waterfall adalah dengan membagi rambut menjadi dua bagian yang relatif sama, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Bagian atas berarti sekitar satu pertiga dari jumlah rambut yang Anda miliki.

2. Mulaikan Mengepang Rambut di Bagian Atas

Selanjutnya, mulailah mengepang rambut di bagian atas kepala. Ambil tiga helai rambut pada bagian depan kepala, lalu kepang seperti dalam kepang rambut biasa hingga mencapai bagian belakang kepala. Setelah itu, biarkan kepang rambut tadi digantung dan tidak lagi digunakan dalam proses pengepangan berikutnya.

3. Lanjutkan Mengepang Rambut di Bagian Bawah

Selanjutnya, bagian bawah rambut akan menjadi fokus utama dalam kepang rambut waterfall. Ambil tiga helai rambut di bagian depan kepala seperti pada langkah sebelumnya, lalu kepang dengan menggunakan kepang rambut biasa. Setelah itu, jatuhkan kepang tadi dan biarkan menggantung.

4. Rapikan Hasil Kepang Rambut

Untuk memastikan hasil kepang rambut waterfall terlihat lebih rapi dan teratur, Anda perlu merapikan setiap helai rambut di sepanjang kepangan. Pastikan tidak ada rambut yang menyamping atau terlihat kusut. Gunakan jepit rambut jika diperlukan untuk mengatur rambut yang tidak teratur.

5. Semprotkan Hairspray untuk Menjaga Kepang Tahan Lama

Setelah rambut terkepang dengan sempurna, semprotkan hairspray pada seluruh kepang rambut untuk menjaganya tetap rapi dan tahan lama. Hairspray dapat membantu mengurangi kusut dan menjaga styling kepang tetap berada di tempatnya sepanjang hari.

Cara Membuat Kepang Rambut Fishtail yang Elegan

Salah satu variasi kepang rambut yang terkenal adalah kepang rambut fishtail. Dengan tampilan yang elegan dan terlihat rumit, kepang rambut fishtail mampu memberikan sentuhan glamor pada penampilan Anda. Berikut adalah tutorial lengkap untuk membuat kepang rambut fishtail:

1. Pilin Rambut menjadi Dua Bagian yang Sama Besar

Langkah pertama dalam membuat kepang rambut fishtail adalah dengan membagi rambut menjadi dua bagian yang relatif sama. Gunakan jari tengah untuk memisahkan rambut di bagian tengah kepala menjadi bagian kanan dan bagian kiri.

2. Ambil Sehelai Rambut Tipis dari Bagian Kiri

Selanjutnya, mulailah proses kepang dari bagian kiri kepala. Ambil sehelai rambut tipis dari bagian luar bagian kiri, lalu pindahkan ke bagian tengah antara bagian kiri dan bagian kanan rambut. Pastikan rambut yang dipindahkan terletak di bawah bagian kiri rambut.

3. Ambil Sehelai Rambut Tipis dari Bagian Kanan

Setelah Anda berhasil memindahkan sehelai rambut dari bagian kiri, lakukan hal yang sama pada bagian kanan kepala. Ambil sehelai rambut tipis dari bagian luar bagian kanan, lalu pindahkan ke bagian tengah antara bagian kiri dan bagian kanan rambut. Pastikan rambut yang dipindahkan terletak di bawah bagian kanan rambut.

4. Ulangi Proses Mengepang Secara Bergantian

Lanjutkan proses kepang rambut fishtail dengan mengambil sehelai rambut tipis dari bagian luar di setiap sisi kepala secara bergantian. Pastikan rambut yang dipindahkan terletak di bawah bagian rambut yang sudah ada. Ulangi proses ini hingga seluruh rambut terkepang hingga ujung.

5. Semprotkan Hairspray untuk Menjaga Kepang Tetap Rapi

Setelah kepang rambut fishtail terbentuk dengan sempurna, jangan lupa untuk menyemprotkan hairspray pada setiap helai rambut. Hairspray membantu menjaga kepang tetap rapi dan tahan lama sepanjang hari.

Cara Membuat Kepang Rambut French yang Modern

Kepang rambut French merupakan gaya kepang yang terlihat sangat menyatu dengan rambut alami. Dengan sendirinya, kepang rambut French memberikan poin ekstra pada penampilan Anda. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kepang rambut French yang modern:

1. Pisahkan Rambut menjadi Tiga Bagian yang Sama

Langkah pertama dalam membuat kepang rambut French adalah dengan membagi rambut menjadi tiga bagian yang sama besar. Gunakan jari tengah untuk memisahkan rambut menjadi bagian kiri, bagian tengah, dan bagian kanan.

2. Mulaikan Proses Kepang Rambut French

Mulaikan proses kepang rambut French dengan melipat rambut kanan ke bagian tengah. Setelah itu, lipat rambut kiri ke bagian tengah. Ulangi langkah ini secara bergantian di setiap sisi kepala hingga tuntas. Pastikan setiap kepangan rapat dan tidak terlalu kencang.

3. Lanjutkan Kepang Rambut Hingga Ujung

Setelah kepang rambut French terbentuk di bagian atas kepala, lanjutkan proses pengepangan hingga ujung rambut. Pastikan setiap kepangan tetap tertahan dengan rapi saat Anda mengepang. Jika ada rambut yang terlepas dari kepangan, gunakan jepit rambut untuk menahannya agar tetap rapi.

4. Ikat Kepang Rambut dengan Jepit atau Bandana

Setelah kepang rambut terbentuk dengan sempurna, gunakan jepit rambut atau bandana untuk mengikat kepang agar tetap terjaga dengan baik. Anda juga dapat menggunakan pita atau bandana untuk memberikan sentuhan tambahan pada gaya kepang rambut French Anda.

5. Gunakan Styling Wax untuk Menjaga Rambut Tetap Rapi

Jika Anda memiliki rambut yang sedikit kusut atau sulit diatur, gunakan sedikit styling wax setelah membuat kepang rambut. Oleskan wax pada ujung jari Anda, lalu rapihkan rambut di sepanjang kepangan. Ini akan membantu menjaga rambut tetap terjaga dengan baik dan memberikan tampilan yang lebih terdefinisi pada kepang rambut French Anda.

Cara Membuat Kepang Rambut Dutch yang Elegan

Kepang rambut Dutch adalah variasi kepang rambut yang memberikan tampilan yang lebih dramatis dan tegas. Berbeda dengan kepang rambut French, kepang rambut Dutch dilakukan dengan cara menjepit rambut di bawah helai rambut yang menyusun kepang. Simak langkah-langkah berikut untuk membuat kepang rambut Dutch yang elegan:

1. Pisahkan Rambut menjadi Tiga Bagian yang Sama

Langkah pertama dalam membuat kepang rambut Dutch adalah dengan membagi rambut menjadi tiga bagian yang sama besar. Bagian kanan, tengah, dan kiri masing-masing memiliki bagian yang relatif sama. Gunakan jari tengah untuk memisahkan rambut secara rapi.

2. Mulaikan Kepang dari Bagian Atas Kepala

Mulaikan pengepangan rambut Dutch dari bagian atas kepala. Ambil sekelompok kecil rambut di bagian atas kepala, lalu pulaukan ke bawah helai rambut yang ada di bawahnya. Pastikan rambut yang dipulaukan berada di bawah helai rambut yang lain sehingga kepangan akan terlihat nampak menonjol.

3. Lanjutkan Kepang di Bagian Tengah dan Bawah

Setelah berhasil melipat rambut di bagian atas kepala, lanjutkan proses kepang di bagian tengah kepala dan bagian bawah kepala. Ambil sekelompok rambut di bagian tengah kepala, lalu pulaukan seperti pada langkah sebelumnya. Setelah itu, lakukan hal yang sama di bagian bawah kepala hingga seluruh rambut terkepang.

4. Rapikan Setiap Helai Rambut pada Kepang

Untuk memastikan kepang rambut Dutch terlihat rapi dan terdefinisi, pastikan setiap helai rambut tersusun dengan baik. Gunakan jepit rambut jika diperlukan untuk menahan bagian-bagian kepangan yang mungkin terlepas. Rapikan setiap helai rambut dengan jari Anda agar kepang terlihat lebih teratur.

5. Semprotkan Hairspray untuk Menjaga Kepang Tetap Rapi dan Tahan Lama

Terakhir, semprotkan hairspray pada seluruh kepang rambut Dutch untuk menjaganya tetap rapi sepanjang hari. Hairspray akan membantu mengurangi kusut dan menjaga styling kepangan agar tetap berada di tempatnya dengan baik.

Sekarang Anda sudah memiliki tutorial lengkap tentang cara membuat kepang rambut yang elegan. Mulailah berlatih dan eksplorasi gaya kepang yang sesuai dengan selera dan acara yang ingin Anda hadiri. Berikan sentuhan pribadi pada styling kepang rambut Anda dengan menggunakan aksesoris yang tepat dan rubbing styling yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Dengan latihan dan kreativitas, Anda akan dapat menguasai seni membuat kepang rambut dan tampil cantik kapanpun Anda inginkan.