Istilah Knee Shot merupakan pengambilan gambar dengan

Jawaban: pengambilan gambar objek dari kepala hingga lutut

Pembahasan :

Untuk menghasilkan gambar yang benar dan sesuai dengan makna di balik shot, seorang kameraman perlu mengetahui beragam type of shot atau ukuran framing. Ukuran framing lebih merujuk pada seberapa besar ukuran objek mengisi komposisi ruang frame kamera. Ukuran framing dibagi menjadi beberapa ukuran standar berdasarkan jauh dekatnya objek tersebut :

  1. Establingshing Shot (ES)
    Pengambilan gambar / shooting yang di ambil dari jarak yang sangat jauh atau dari “pandangan mata burung”, biasanya untuk membangun pengetahuan dimana lokasi kejadian.
  2. Long Shot (LS)
    Shooting dilakukan dari jarak jauh, tetapi tidak sejauh establish shot.digunakan untuk penekanan terhadap lingkungan sekitar atau setting dalam scene.
  3. Medium Shot (MS)
    Shooting untuk membuat frame actor. Biasanya dilakukan dari pinggang ke atas. Medium shot (MS) bisa digunakan untuk membuat focus terhadap 2 orang actor yang saling berhadapan dan beinteraksi,missalnya: debat, berpelukan dan sebagainya.
  4. Over Shoulder Shot (OSS)
    Shooting Untuk mengambil gambar actor melalui pundak actor yang lain,digunakan ketika para actor saling bertatapan muka satu sama lain.contoh salah satu actor berbicara kepada actor yang lain sedangkan yang lain mendengarkan.
  5. Close – Up (CU)
    Shoting diambil dari jarak dekat. Biasanya focus kepada wajah,digunakan untuk memperlihatkan ekspresi wajah / mimic dari actor. Memperhatikan detail objek, atau untuk mengarahkan audience pada suatu elemen yang dipentingkan.
  6. Extreme Close – Up (ECU)
    Adalah pengambilan suatu gambar sebesar mungkin menampakan bagian tertentu dari tubuh manusia atau menampilkan detail objek, Misal pengambilan gambar pada mata atau mulut. Fungsinya adalah mengetahui detail suatu objek. Objek mengisi seluruh layer, dan detailnya sangat jelas.
  7. Big Close – Up (BCU)
    Adalah pengambilan gambar pada daerah kepala untuk menunjukan sifat – sifat yang tercermin dari wajah seseorang atau bagian dari wajah. Misalnya, kedalaman pandangan mata, kebencian raut muka, dan keharuan seseorang. Hal tersebut merupakan ungkapan dalam komposisi BCU.
  8. Knee Shot (KS)
    Adalah teknik pengambilan gambar hanya sebatas kepala hingga lutut. Shot ini sering digunakan untuk memperkaya keindahan gambar, terutama saat transisi gambar. Knee Shot disebut juga Medium Full Shot. Fungsinya hampir sama dengan Medium Shot. Disebut Knee Shot karena memberi batasan framing tokoh sampai kira – kira ¾ ukuran tubuh.
  9. Full Shot (FS)
    Adalah pengambilan gambar pada objek secara penuh dari kepala hingga kaki dengan ruang gerak objek sempit. Secara teknis, batasan atas diberi sedikit ruang untuk Bad Room atau jarak. Tipe ini disebut dengan Medium Long Shot. Fungsinya adalah memperlihatkan objek beserta lingkungannya.
  10. Extreme Long Shot (ELS)
    Adalah pengambilan gambar melebihi long shot dengan menampilkan lingkungan objek secara utuh, serta menyajikan bidang pandangan yang sangat luas, jauh, panjang, dan berdimensi lebar. Fungsi ELS adalah menunjukan bahwa objek tersebut bagian dari lingkungannnya, berinteraksi dengan lingkungan atau ruang, sekaligus mempertegas atau membantu imaginasi ruang cerita dan peristiwa kepada penonton.
  11. Group Shot (GS)
    Adalah sejenis pengambilan gambar yang mengutamakan suatu kelompok orang sebagai objek gambarnya. Fungsinya adalah memperlihatkan adegan sekelompok orang dalam melakukan suatu aktivitas.
  12. Obyektive Camera
    Tehnik pengambilan di mana kamera menyajikan sesuai dengan kenyataannya.
  13. Subyektive Camera
    Tehnik pengambilan di mana kamera berusaha melibatkan penonton dalam peristiwa. Seolah – olah lensa kamera sebagai mata si penonton atau salah satu pelaku dalam adegan.

Oleh karena itu, Istilah Knee Shot merupakan pengambilan gambar objek dari kepala hingga lutut.