Salah satu pelaksana kekuasaan kehakiman yang mempunyai kompetensi memeriksa dan mengadili perkara perkara pidana yang dilakukan oleh seorang yang bersetatus sebagai angota militer atau yang disamakan dengan itu disebut peradilan

Jawaban yang benar adalah peradilan militer.

Soal menanyakan tentang salah satu pelaksana kekuasaan kehakiman yang mempunyai kompetensi memeriksa dan mengadili perkara perkara pidana yang dilakukan oleh seorang yang bersetatus sebagai angota militer atau yang disamakan dengan itu disebut peradilan.

Yuk simak penjelasan berikut.

Kekuasaan kehakiman merupakan kekuasaan negara yang merdeka untuk menjalankan sistem peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan berdasarkan Pancasila dan UUD RI Tahun 1945. Di Indonesia kekuasaan kehakiman dilaksanakan oleh lembaga peradilan. Lembaga peradilan ada beberapa jenis, salah satunya lembaga peradilan militer.

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1997 Tentang Peradilan Militer, peradilan militer bertugas, sebagai berikut:

  1. Mengadili tindak pidana yang dilakukan oleh seorang prajurit.
  2. Memeriksa, memutus, dan menyelesaikan sengketa tata usaha angkatan bersenjata.
  3. Menggabungkan perkara gugatan ganti rugi dalam perkara pidana yang bersangkutan atas permintaan dari pihak yang dirugikan sebagai akibat yang ditimbulkan oleh tindak pidana yang menjadi dasar dakwaan, dan sekaligus memutus kedua perkara tersebut dalam satu putusan.

Jadi, jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah >> peradilan militer