Apakah yang dimaksud dengan kedaulatan rakyat yang tecermin dalam pernyataan “ keinginan luhur”?

Jawaban yang benar adalah keiginan para pendiri negara untuk menjadikan negara Indonesia negara hebat dan keinginan seluruh bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang bebas merdeka karena kekuasaan tertinggi di tangan rakyat.

Yuk simak penjelasan di bawah ini!
Dalam pembukaan UUD NRI 1945, banyak makna-makna serta keinginan bangsa yang ingin dicapai kedepannya. Salah satunya yang terdapat pada alinea ketiga, bahwa maksud dari kedaulatan rakyat yang tecermin dalam pernyataan “ keinginan luhur” yaitu keiginan para pendiri negara untuk menjadikan negara Indonesia negara hebat dan keinginan seluruh bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang bebas merdeka karena kekuasaan tertinggi di tangan rakyat. Di samping itu alinea ketiga ini memiliki makna bebas dari segala bentuk penjajahan dan bebas dalam menentukan nasib sendiri (tidak tergantung negara lain).

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa maksud dari kedaulatan rakyat yang tecermin dalam pernyataan “ keinginan luhur” yaitu keiginan para pendiri negara untuk menjadikan negara Indonesia negara hebat dan keinginan seluruh bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang bebas merdeka karena kekuasaan tertinggi di tangan rakyat.