close
_90514619_thinkstockphotos-158589182

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) aktif bertugas kembali di Balai Kota DKI Jakarta, Senin 17 April 2017.

Suasana pendopo pun kembali ramai dengan para warga yang ingin mengadu kepada Ahok.

Bahkan, ada warga yang sudah datang sejak pukul 05.00 WIB, seperti Sumiati, warga Pondok Cabe, Tangerang, yang datang bersama 11 kerabatnya.

“Saya dari rumah pukul 03.40 WIB, sebenarnya bukan warga DKI, tetapi yang mau saya adukan ini kan soal perusahaan yang ada di Jakarta,” ujar Sumiati di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, seperti dikutip Kompas.com, Senin.

Sumiati ingin mengadu soal nasib dia dan teman-temannya yang tidak diberi uang pesangon.

Perusahaan tempat mereka bekerja ditutup dan mereka pun kena pemutusan hubungan kerja (PHK). Perusahaan tersebut berdomisili di Ciganjur, Jakarta Selatan.

Sumiati berharap, Ahok bisa memberikan solusi atas permasalahan mereka ini. “Jadi kami sudah tidak bekerja, tidak digaji, tidak diberi pesangon,” ujar Sumiati.

Ia mengaku sengaja tiba di Balai Kota DKI sejak pagi sekali. Dia khawatir tidak mendapatkan nomor antrean jika datang terlambat.

Terlebih lagi, dia harus mengoordinasikan 11 teman lain yang akan mengadu bersama. Datang pagi ternyata membawa manfaat untuk Sumiati dan kawan-kawannya.

Mereka mendapat urutan pertama untuk mengadu kepada Ahok. Hingga pukul 07.27 WIB, Ahok belum tiba di Balai Kota.

Namun, antrean warga sudah panjang. Kebanyakan mereka membawa dokumen-dokumen untuk diadukan kepada Ahok.

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) berharap, warga yang mengadu kepadanya di pendopo Balai Kota DKI Jakarta semakin sedikit.

Sebab, beberapa bulan terakhir ini, Ahok mengikutsertakan jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI terkait untuk mendampinginya menerima aduan warga.

“Secara prinsip, dinas terkait ikut (menerima aduan), sekarang (aduan warga) bisa lebih cepat diproses. Kami harap makin lama makin enggak banyak orang (mengadu di Balai Kota) seharusnya,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta.

Hanya saja, menurut Ahok, warga terkadang kurang puas ketika langsung mengadu ke SKPD terkait. Beberapa warga, kata dia, mengaku ditolak oleh SKPD terkait saat melapor.

Hal itulah yang menyebabkan warga datang ke Balai Kota DKI Jakarta untuk mengadukan permasalahan mereka kepada Ahok.

Jika pelayanan di bawah semakin baik, kata Ahok, tak akan lagi ada permasalahan yang membuat warga mengadu.

“Nah tapi kadang-kadang lebih banyak warga yang minta foto (daripada mengadu). Banyak (warga) dari luar kota juga tadi,” kata dia.

Setiap harinya, Ahok menerima warga di pendopo Balai Kota DKI Jakarta. Hal ini sudah dilaksanakan sejak ia menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Bedanya, saat menjabat Wagub DKI, dia menerima warga di lantai 2 Balai Kota DKI Jakarta. Tak hanya mengadu, warga kerap mengantre untuk berfoto bersama Ahok.

Biasanya, Ahok menghabiskan waktu selama dua jam, mulai pukul 07.30 hingga 09.30 untuk melayani warga.

Beberapa SKPD yang ikut mendampingi Ahok seperti dari Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( BPTSP) DKI Jakarta, Biro Hukum DKI Jakarta, Dinas Kesehatan, Dinas Bina Marga, Dinas Tata Air, dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Tags : ahok kembali aktif jadi gubernur dkiahok terima pengaduan warga di balai kota