close
IMG_6225

Pagi ini Basuki Tjahaya Purnama atau akrab dipanggil Ahok, blusukan menyapa warga Jakarta dengan menjenguk warga yang sakit di kampung Makassar RT02 /RW03, Jakarta Timur, Kamis, 16 Maret 2017. Ia menjenguk lima orang warga yang sakit terserang stroke, diabetes dan gangguan pernafasan. Dengan rata rata usia di atas 40 tahun.

Lima warga yang dijenguk oleh Basuki adalah pertama, Supriyatna (52 tahun), satpam pabrik di daerah Jakarta Utara, terkena penyakit diabetes, memiliki empat orang anak, tergeletak di sofa tuanya dan dirawat oleh ibunya. Penyakit diabetes yang dideritanya sudah memakan waktu delapan bulan. Kemudian Mardjuki (78 tahun) mengindap penyakit saluran pernapasan hampir sepuluh tahun. Duapuluh lima tahun bekerja sebagai petugas kebersihan, memiliki delapan orang anak. Ia tergeletak di atas kasus tuanya dalam kamar dan dinding yang kusam. Yang ketiga, Suloso (59 tahun) pedagang sayur, satu tahun dua bulan mengalami stroke, memiliki dua anak duduk tergolek dikursi roda. Keempat, Yuli (42 tahun) belum memiliki keturunan, terkena diabetes dan radang paru paru, tergeletak di atas kasur di bawah lantai. Dan yang terakhir Satimo (65 tahun) pedagang bakso, mengalami stroke hampir sepuluh tahunan, seperti Suloso tergolek di kursi roda.

Di hadapan lima warga yang menderita karena mengindap penyakit stroke, diabetes dan gangguan pernapasan, Ahok menyatakan jika butuh mobil ambulance, tinggal kontak dan akan dijemput.

“Kalau memang harus dirawat asalkan mau ditempatkan di kelas tiga, semuanya akan ditanggung oleh Pemprov DKI. Termasuk kursi roda, jika belum punya akan diberikan secara gratis. Saya ingin warga saya selalu sehat, batasi makan nasi yang sudah berumur, jangan merokok, jangan minum-minuman keras, minum air putih, ” kata Ahok mengingatkan.

Selain persoalan kesehatan dan tempat tinggal yang layak, Ahok juga mengingatkan soal surat tanah yang menurutnya harus segera diurus, karena sudah tidak susah lagi seperti sebelumnya. Termasuk pajak bumi bangunan yang menurutnya sekarang nilai tanah dan rumah di bawah satu milyar sudah dibebaskan.

“Termasuk angkatan umum, disediakan Bus khusus lansia, dan gratis. Serta bagi lansia yang kehidupannya tanpa dikunjungi oleh anak anaknya, akan ditanggung biaya hidupnya,” ujar Ahok.

Ahok juga sempat menyinggung mengenai masjid dan musholah. Ahok minta kepada Ketua RT untuk mendata kekurangan apa saja yang perlu dilengkapi, “tolong dilaporkan bagaimana tempat wudhu dan lainnya, akan kita kirimkan bahannya, dan tukang yang mengerjakannya akan kita bayar, “tutup Basuki.

Tags : Menjenguk Orang Sakit
'