close
Image 2016-12-31 at 5.17.24 PM

Jakarta, 11-1-2017: Gubernur Basuki Tjahaja Purnama menegaskan semua visi, misi, program 2012-2017 bersama Joko Widodo sudah diselesaikan sesuai janji kampanyenya, dan akan diselesaikan serta ditingkatkan untuk Jakarta baru lebih baik di periode 2017-2022.

“Untuk itu tolong perpanjang kontrak kami lima tahun lagi, untuk menyelesaikan berbagai program yang sedang berjalan, dan kami akan menambah di berbagai sektor untuk pembangunan sumber daya manusia Jakarta,” ungkap Basuki di Rumah Lembang, Rabu (11/1).

Menurut Basuki, lima tahun lalu bersama Jokowi Widodo, membuat visi bagi kota Jakarta menjadi Jakarta Baru, Kota Modern yang Tertata Rapi dan Manusiawi, dengan kepemimpinan pemerintahan yang bersih dan melayani.

Misi pertama adalah menjadikan Jakarta sebagai kota modern yang tertata rapi serta konsisten dengan membuat rencana tata ruang wilayah. Dan itu banyak yang protes akibat adanya oknum pegawai pemda yang bermain. Harus diingat bahw persoalan tata ruang itu banyak uangnya, makanya banyak orang yang bermain.

“Sebelum ada perda, Gubernur dengan semaunya menentukan satu waktu wilayah itu merah, kuning atau hijau. Waduk tiba-tiba jadi mall, bebas. Bersama Pak Jokowi kami perdakan, dengan adanya perda itu banyak oknum yang ngerjain, batas wilayah yang kuning menjadi hijau dan tanah bapak ibu sebagai pemukiman menjadi merah, “ujar Basuki.

Tahun 2017 ini konsep tata ruang yang penuh denhan kelemahan akan diperbaiki, ucap Basuki.”Seharusnya orang kan tinggal di satu lokasi yang sama. Masa ada peraturan tidak boleh membuat klinik di dalam gang, kan ini tidak benar. Kita ingin semua kebutuhan warga dapat diperoleh dari tempat terdekat dan tidak usah ke mana-mana sehingga membuat kemacetan.”

Ini persoalan mendasar yang harus diselesaikan, ujar Basuki, dan sampai 2019 akan disempurnakan, “Saya bersyukur dengan kerja tim yang hampir selama dua tahun ini Jakarta relatif terbebas dari banjir.”

Untuk MRT paling tidak awal 2019 sudah beroperasi, sedangkan bus yang kita punya trayeknya akan menjangkau sampe ke perumahan bapak ibu, ujar Basuki.

Keunggulan pembangunan ruang publik bisa dibandingkan dengan daerah lain, Jakarta unggul dari daerah yang ada di Indonesia. Tahun ini janji itu akan diwujudkan Basuki dengan menuntaskan penambahan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak ditingkat RW di 188 titik akan ditambah lagi pada tahun 2018 di 200 lokasi.

“Untuk anak berkreasi akan dibangun banyak taman berstandar international. Satu contoh di Kali Jodoh yang kami bangun berstandar international. Dan kita akan bangun lagi di delapan lokasi,” imbuh Basuki.

Untuk sekolah beasiswa tidak lagi 12 tahun akan tetapi sampai ke tingkat universitas. Untuk kesehatan kami sudah membangun Rumah sakit di 18 kecamatan, “jadi apa yang kami kerjakan sudah melampaui sebenarnya. Makanya jika ibu bapak masih memberikan kepercayaan pada kami makan akan kami tuntaskan semuanya,” pungkas Basuki.

Tags : AhokKontrak Kedua
'