close
djarot

Para pedagang di sekitar lokasi binaan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, terkejut dengan kedatangan Cawagub petahana Djarot Saiful Hidayat. Djarot yang menggunakan kemeja kotak-kotak khas, sengaja menyambangi lokasi tersebut untuk meninjau kondisi pasar yang jadi pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Selatan tersebut. “Kita coba cek dan bandingkan dengan Pasar Rumput yang sedang direvitalisasi. Bagaimana pedagangnya, harga, kebersihan, dan pengelolaan sampah disini,” kata Djarot.

Djarot langsung berinisiatif menyambangi salah satu pedagang buah di lokasi binaan tersebut. “Ada nanas disini, bu?,” kata Djarot. Pedagang buah bernama Marni (53) cukup terkejut kiosnya dikunjungi Djarot dan langsung menunjukkan dua buah nanas berwarna kuning masak. Djarot pun mengecek nanas tersebut dan menanyakan harga dua buah nanas yang menurutnya sudah matang. “Satu buahnya sepuluh ribu, Pak Djarot,” kata Marni. Pedagang di lapak sebelah Marni juga menawarkan Djarot beberapa ikat buah lengkeng kepada Djarot.

Djarot pun mengeluarkan uang pecahan seratus ribu dan dua puluh ribu untuk membayar dua buah nanas dan dua setengah kilogram lengkeng dari kedua penjual tersebut. “Pasar Minggu harus terkenal dengan buah-buahannya, karena kan sudah ada lagunya. Pepaya, mangga, pisang, jambu, dibeli dari Pasar Minggu,” dendang Djarot. Nyanyian Djarot disambut oleh warga dan pedagang yang berkumpul. “Disana banyak penjualnya, di kota banyak pembelinya,” sambut para pedagang dengan gelak tawa.

“Saya lihat pedagang disini sudah cukup terjaga kebersihannya, harus bisa lebih rapi lagi dan jangan keluar-keluar lagi memenuhi jalanan,” kata Djarot. Ia juga mengungkapkan bahwa Ahok – Djarot ke depannya memang ingin memfokuskan revitalisasi bangunan pasar dan mewujudkan konsep pusat niaga warga yang terintegrasi. “Nantinya pasar akan terintegrasi dengan stasiun kereta, dan jalur Trans Jakarta. Selain itu akan ada fasilitas pengolahan sampah in-site, jadi tak perlu semua sampah diangkut,” kata Djarot.

Pria berkumis ini pun melanjutkan kunjungannya dan menyempatkan membeli beberapa jenis buah, kacang, dan umbi-umbian. Djarot juga menyempatkan diri melihat progres pembangunan lokasi binaan terbaru di Pasar Minggu. “Sudah 70 persen selesai. Target mereka akhir Januari sudah komplit dan pedagang mulai masuk. Selepas kami cuti, akan kami resmikan,” kata Djarot. ()*

TB Ramadhan

Tags : Blusukan DjarotDjarotPasar MingguRevitalisasi Pasar
'